Kuliah di Asia, Ini Referensi 10 Universitas Terbaik Asia Tahun 2019

Kompas.com - 26/12/2019, 16:09 WIB
Ilustrasi Universitas Terbaik Asia DOK. THEIlustrasi Universitas Terbaik Asia

KOMPAS.com - Jika kamu berencana melanjutkan studi di Asia, tidak ada salahnya untuk mengintip daftar 10 universitas terbaik di regional Asia yang telah dirilis QS University Ranking pada bukan Juni 2019.

Sepanjang tahun 2019, 10 peringkat universitas terbaik di Asia versi QS World University Rankings ini menjadi salah satu artikel yang menarik pembaca selain universitas terbaik di Indonesia ataupun di Dunia.

Asia pada tahun 2018 menempatkan sekitar 450 universitas terbaik mereka masuk dalam daftar QS Wolrd University Ranking dan tahun 2019 jumlahnya bertambah cukup signifikan mencapai 505 universitas.

Indikator pemeringkatan universitas QS ini meliputi 6 indikator penilaian di antaranya:

  1. Reputasi akademik
  2. Reputasi lulusan
  3. Rasio fakultas dan mahasiswa
  4. Kutipan jurnal ilmiah
  5. Fakultas internasional
  6. Mahasiswa internasional.

Berikut daftar 10 universitas terbaik di Asia tahun 2019 berdasarkan pemeringkatan QS World Ranking:

Baca juga: Rencana Ikut SBMPTN? Ini 9 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2019

1. National University of Singapore (NUS)

National University of Singapore (NUS) merupakan salah satu universitas terkemuka dunia, saat ini menempati peringkat ke-11 universitas dunia. Dari seni hingga teknik, NUS memeiliki 17 fakultas dengan 3 kampus, serta memiliki dari 38.000 siswa dari 100 negara.

Tidak mengherankan NUS sangat terkenal akan pendekatan internasional untuk pendidikan dan penelitian.

2. Hong Kong University (HKU)

Dengan sejarah membentang seratus tahun, HKU adalah lembaga pendidikan tertua kedua di wilayah ini. Ini secara konsisten HKU selalu masuk dalam peringkat universitas-universitas riset terkemuka di dunia.

Setidaknya ada 6 jurusan masuk dalam 10 besar dunia, dengan program kedokteran gigi yang telah menduduki nomor satu dalam peringkat berdasarkan subjek selama tiga tahun berturut-turut. Masuk peringkat ke-25 dunia, HKU mendapat penilaian kinerja baik untuk reputasi akademik, proporsi anggota fakultas internasional dan mahasiswa internasional, serta siswa pertukaran mahasiswa.

3. Nanyang Technological University (NTU)

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X