Berkarier Sebagai Praktisi Data di Tahun Baru 2020? Siapa Takut!

Kompas.com - 01/01/2020, 12:44 WIB
Kegiatan DQLab DOK. DQLABKegiatan DQLab

KOMPAS.com - Merintis karier menjadi praktisi data di tahun baru merupakan peluang baik untuk jenjang karirmu. Kebutuhan praktisi data kian hari kian meningkat namun tidak sebanding dengan ketersediaannya.

Oleh karenanya, memulai karir sebagai praktisi data adalah langkah tepat untuk kamu bergabung di dunia data!

Namun perlu diketahui menjadi seorang praktisi data bukanlah pekerjaan loh. Ada beberapa bidang pembelajaran yang harus kamu kuasai terlebih dahulu agar persiapan kamu benar-benar matang.

Jangan khawatir, merintis karir menjadi seorang praktisi data pada dasarnya dapat dilakukan dengan banyak cara, loh! Yuk, simak tipsnya dari Kevin Stewart, Data Analayst Traveloka.

1. Pelajari bidang dasar

Untuk menjadi praktisi data mumpuni, kamu harus memiliki beberapa skill menunjang, di antaranya adalah menguasai bidang utama yang bisa kamu pelajari yaitu; bahasa pemrograman, basis data, visualisasi, kemudian memahami dasar statistik atau matematika untuk permulaan.

Jika memiliki skill dasar tersebut, hal ini akan membantu kamu sebagai praktisi data yang bertugas menyelesaikan beberapa permasalahan perusahaan.

2. Berlatih kasus riil perusahaan

Mempelajari studi kasus industri merupakan salah satu cara mengukur potensi diri. Cara yang paling mudah dalam belajar data adalah dengan cara praktik. Dengan berlatih project sederhana kamu akan terlatih dan lebih siap bergelut di bidang data.

“Saya sendiri personally lebih banyak belajar dengan hands on project. Karena menurut saya ilmu yang dipelajari akan lebih mudah diingat jika kita memiliki pengalaman dalam mempraktekkannya secara langsung,” cerita Kevin.

“Jadi yang saya lakukan biasanya dengan berinisiatif mencari potential improvement atau problem yang ada pada bisnis. Setelah menemukannya, saya biasanya memulai research untuk menemukan cara yang tepat untuk menyelesaikan problem tersebut. Lalu saya pelajari konsep statistik nya,” tambahnya.

3. Melihat peluang di perusahaan

Kamu harus tahu, menghasilkan solusi untuk perusahaan dan menawarkan insight baru mengenai data dapat meningkatkan jenjang karier.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X