Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/01/2020, 15:21 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - QS World University Rankings dan Macquarie University (Sidney, Australia) melakukan riset untuk memetakan beberapa profesi yang paling dibutuhkan di tahun 2020.

Meski kita telah memasuki era digital, ada beberapa pekerjaan atau profesi "tradisional" yang masih sangat dibutuhkan tahun ini. Dirangkum dari Rencanamu.id, berikut 8 profesi yang sangat dibutuhkan untuk tahun 2020 ini;

1. Ahli Keamanan Siber

Dilansir dari laman QS, dengan maraknya kejahatan terjadi di dunia maya, tidak heran kalau bekerja sebagai Cyber Security alias Ahli Keamanan Siber bakal makin dicari di tahun depan.

Bahkan, dalam kurun waktu lima tahun belakangan, di negara Australia, permintaan untuk profesi ini naik hingga 21,4 persen.

Seiring dengan itu, program studi makin diminati adalah yang berkaitan dengan TIK (Teknik Informasi dan Komputer), seperti; Ilmu Komputer, Teknik Komputer (Computer Engineering), Sistem dan Teknologi Informasi, Sistem Informasi (Manajemen Informatika), atau Teknik Informatika.

Baca juga: Jurusan Desain Komunikasi Visual, Ini Penjelasan dan Prospek Karier

2. Spesialis Teknik Telekomunikasi

Perkembangan teknologi di bidang telekomunikasi yang berkembang juga menyebabkan permintaan untuk spesialis di bidang ini meningkat sebesar lebih dari 22 persen.

Sebagai Spesialis Teknik Telekomunikasi, kamu akan merancang data komunikasi di suatu wilayah dan melakukan perawatan sistem telekomunikasi.

Selain itu, profesi ini juga bisa masuk ke perusahaan sebagai tim support jika ada kendala di jaringan, seperti industri perbankan dan lembaga keuangan, industri minyak dan pertambangan, lembaga penelitian dan pendidikan, badan pemerintah, profesi akademis dan lembaga penelitian, industri kreatif, industri penerbangan dan pesawat terbang, angkatan bersenjata dan maritim, dan lain-lain.

Program studi yang bisa menunjangmu dalam profesi ini adalah Teknik Elektro atau program studi berkaitan dengan TIK seperti yang sudah di sebutkan di atas.

3. Akuntan dan Analis Keuangan

Di tahun 2019, permintaan untuk profesi Akuntan dan Analis Keuangan meningkat hingga 44 persen. Sementara di tahun depan, permintaan untuk profesi ini diprediksi bakal semakin bertambah sampai 22 persen.

Kalau kamu tertarik untuk menekuni profesi ini, tentunya kamu harus mengambil program studi Akuntansi, Akuntansi Bisnis, atau Perniagaan.

Program studi Akuntansi memiliki 5 konsentrasi berbeda-beda mulai dari Akuntansi Keuangan, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi Pajak, Akuntansi Pemeriksaan, dan Accounting Information System (Sistem Informasi Akuntansi).

4. Aktuaria 

Masih di bidang yang sama dengan poin di artikel sebelumnya, profesi sebagai Aktuaria atau Ahli Data Statistik juga diprediksi akan naik sebesar 10 persen di tahun 2020.

Untuk menjadi seorang Aktuaria sendiri, kamu perlu meningkatkan kemampuan mata pelajaran matematika serta fasih memahami dunia bisnis.

Program studi yang bisa kamu ambil untuk membantumu meniti karier ini adalah Aktuaria dan Analisis Bisnis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com