Ingin Memarahi Anak? Orangtua, Perhatikan Dulu 7 Hal Ini

Kompas.com - 03/01/2020, 17:05 WIB
Ilustrasi ibu dan anak shutterstockIlustrasi ibu dan anak


KOMPAS.com - Ada banyak hal dapat memicu orangtua memarahi anak; tidak mematuhi nasehat atau peraturan orangtua, anak yang membuat ulah merusakkan atau mengacaukan sesuatu.

Namun tidak jarang, orangtua juga harus menghadapi kondisi yang bisa membangkitkan emosi, bisa karena lelah pulang kerja, atau lelah dengan pekerjaan rumah tangga.

Tanpa disadari tak jarang orangtua melimpahkan amarah kepada anak lantaran tekanan beban kehidupan tersebut.

Maka, kurang bijaksana jika orangtua begitu saja menumpahkan amarah kepada anak.

Anak membutuhkan kasih sayang, kelembutan, dan stimulasi positif untuk pertumbuhan dan perkembangan, baik fisik maupun psikisnya.

Maka, orangtua yang bijak hendaknya memahami hal ini, sehingga tidak begitu saja melampiaskan rasa marah kepada anak. Sikap atau ucapan keras ataupun kasar sangat tidak layak dilontarkan kepada anak.

Baca juga: 5 Langkah Pola Asuh Mendampingi Remaja

Dirangkum dari laman Ruang Guru PAUD Kemendikbus, berikut 7 hal harus dicermati orangtua ketika menasehati anak:

1. Tetap bersabar

Saat rasa amarah mulai timbul, orangtua harus pandai-pandai mengatur emosi. Orangtua harus bersabar agar tidak terlontar ucapan atau sikap yang negatif.

Cara yang bisa dilakukan misalnya menarik nafas panjang, beristighfar, mengambil posisi duduk atau bersikap diam tanpa berkata-kata untuk sesaat.

2. Tidak ucapkan kata negatif

Contohnya, "Sudah Mama bilang, sekarang harus makan! Biar saja, kalau nggak mau makan, biar diare sekalian!" (Salah). "Ayo kita makan Dek, supaya nggak masuk angin. Kalau masuk angin, perut bisa sakit, nanti nggak bisa main lho." (Benar)

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X