Kompas.com - 04/01/2020, 12:09 WIB
Warga mulai membersihkan kediamannya usai banjir yang melanda di Jalan Pusdiklat Depnaker, Makasar, Jakarta Timur, Kamis (2/1/2020). Sebelumnya, daerah ini dilanda banjir setinggi 1,5 meter yang dimana listrik-listrik dipadamkan. KOMPAS.com/M LUKMAN PABRIYANTOWarga mulai membersihkan kediamannya usai banjir yang melanda di Jalan Pusdiklat Depnaker, Makasar, Jakarta Timur, Kamis (2/1/2020). Sebelumnya, daerah ini dilanda banjir setinggi 1,5 meter yang dimana listrik-listrik dipadamkan.


KOMPAS.com - Intensitas hujan di beberapa wilayah Jabodetabek kini mulai turun. Bahkan banjir juga mulai terlihat surut.

Hanya saja, masih ada "PR" yang harus dikerjakan anak atau siswa sekolah disaat situasi seperti ini.

Apa yang harus dilakukan setelah banjir usai? Tak hanya warga saja, tetapi para siswa juga harus membantu pekerjaan rumah orangtua.

Apalagi saat ini masih suasana liburan sekolah. Jadi, hal-hal berikut ini diharapkan dapat dijadikan pengetahuan siswa, terutama siswa SD, SMP dan SMA saat terjadi bencana banjir.

Baca juga: Banjir di Cipinang Melayu Surut, Warga Mulai Bersihkan Rumah

Dikutip dari akun resmi twitter @ShbKeluarga atau Sahabat Keluarga Kemendikbud RI yang diposting 3 Januari 2020, berikut informasi yang harus dilakukan usai banjir:

1. Membersihkan tempat tinggal dan lingkungan yang terkena banjir.

2. Memeriksa ketersediaan air bersih.

3. Memperbaiki saluran pembuangan limbah agar drainase tetap bersih.

4. Tidak menggunakan air secara berlebihan.

5. Menjauhkan kabel listrik agar tidak terjadi hal berbahaya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X