Bukan Jadi Dalang, Yuk Kenali dan Prospek Kerja Jurusan Sastra Jawa

Kompas.com - 05/01/2020, 21:13 WIB
Naskah kuno dengan aksara Jawa Kuno. Pelestarian naskah kuno seperti ini mengalami tantangan dalam hal pemeliharaan dan kepedulian. Kisah mengenai naskah kuno Nusantara bisa disimak dalam NGI Januari 2012. Hafidz Novalsyah/NGINaskah kuno dengan aksara Jawa Kuno. Pelestarian naskah kuno seperti ini mengalami tantangan dalam hal pemeliharaan dan kepedulian. Kisah mengenai naskah kuno Nusantara bisa disimak dalam NGI Januari 2012.

KOMPAS.com - Buat kamu yang ingin kuliah di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), jurusan Sastra Jawa bisa menjadi pilihan diantara jurusan-jurusan lain.

Umumnya, jurusan kuliah FIB meliputi beragam program studi di antaranya; Ilmu Sejarah, Ilmu Perpustakaan, Sastra Perancis, Sastra Jepang, dan lainnya.

Pilihan jurusan Sastra Jawa sendiri cocok bagi kamu yang menyukai kebudayaan Jawa. Kamu bisa mengasah kemampuan berbahasa Jawa, filsafat Jawa hingga belajar tentang kesenian-kesenian Jawa.

Nah, seperti apa jurusan Sastra Jawa? Apa saja yang dipelajari hingga peluang kerja dari jurusan Sastra Jawa?

Berikut penjelasan jurusan Sastra Jawa seperti dikutip dari Rencanamu.id.

Apa itu jurusan Sastra Jawa?

Program studi Sastra Jawa khusus mempelajari linguistik, bahasa, karya sastra, dan kebudayaan Jawa.

Baca juga: Masuki Tahun 2020, Ini 5 Jurusan dan Pekerjaan Paling Dicari

 

Para mahasiswa Sastra Jawa tidak dipersiapkan untuk menjadi pelaku budaya, dalang, sinden,pemain gamelan, atau penembang.

Di program studi ini kamu akan banyak menemui naskah-naskah jawa kuno dengan berbagai topik bahasan mulai dari filsafat, politik, hingga kesehatan. Mahasiswa program studi Sastra Jawa dipersiapkan untuk menjadi peneliti budaya Jawa.

Alasan memilih jurusan Sastra Jawa?

Jurusan Sastra Jawa memang terkesan kuno. Namun dengan mempelajari ilmu dan budaya Jawa melalui naskah-naskah kunonya, kamu jadi memahami seluk-beluk budaya Jawa dan menumbuhkan semangat untuk melestarikannya.

Mata kuliah di jurusan Sastra Jawa

Kamu bisa belajar beragama mata kuliah di jurusan Sastra Jawa. Mata kuliah tersedia seperti Penguasaan Bahasa Jawa, Pengantar Kebudayaan Jawa, Pengantar Kesusteraan Jawa, Fonetik dan Fonologi Jawa, Prosa dan Drama Jawa, Kebudayaan Indonesia, Morfologi dan Sintaksis Jawa, dan Aksara Daerah.

Mata kuliah lainnya yang bisa dipelajari seperti Bahasa Jawa Kuna, Semantik dan Pragmatik, Pengantar Filologi Jawa, Puisi Jawa, Bahasa Sansekerta, Kritik Teks Jawa, Kesenian Jawa, Wayang, Religi Jawa, dan lainnya.

Prospek kerja jurusan Sastra Jawa

Seorang lulusan program studi Sastra Jawa dapat bekerja sebagai ahli bahasa, peneliti kebudayaan Jawa, dosen dan guru Bahasa Jawa, atau penerjemah.

Kamu juga bisa bekerja sebagai editor bahasa, penulis puisi, penulis kreatif, pemandu tur, pemandu wisata, novelis, dan penulis perjalanan.

Kampus yang membuka jurusan Sastra Jawa

Kamu bisa memilih jurusan Sastra Jawa di beberapa universitas seperti Universitas Indonesia, Universitas Negeri Semarang, Universitas Gadjah Mada (Sastra Nusantara), Universitas Sebelas Maret (Sastra Daerah).

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X