Kompas.com - 06/01/2020, 19:11 WIB
Ilustrasi Pendaftaran Akun LTMPT 2020 DOK. DITJEN BELMAWA/KEMENDIKBUDIlustrasi Pendaftaran Akun LTMPT 2020


KOMPAS.com - Para siswa SMA/ MA/ SMK yang ingin mendaftar di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN) 2020 harus segera melakukan registrasi akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT).

Tahun 2020, pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN harus memiliki akun LTMPT.

Menindaklanjuti surat edaran berasal dari Tim Pelaksana LTMPT yang ditandatangani oleh Ketua LTMPT, Ravik Karsidi pada 17 Desember 2019, pendaftaran akun LTMPT untuk PDSS dan SNMPTN akan berakhir 7 Januari 2020, besok.

Mengingat hal tersebut, jika sampai dengan tanggal yang ditetapkan (7 Januari 2020), sekolah ataupun siswa masih belum melakukan perubahan status permanen data-datanya, sekolah ataupun siswa tidak dapat melakukan pendaftaran PDSS dan SNMPTN 2020.

Baca juga: LTMPT Ingatkan Sekolah dan Siswa Segera Simpan Permanen Data

Karena itu, khusus bagi siswa yang yang belum registrasi harus segera melakukan registrasi akun LTMPT atau simpan permanen.

Cara daftar akun LTMPT

1. Registrasi akun LTMPT wajib bagi semua calon pendaftar SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id. Kemudian pilih atau klik akun "siswa". Lalu isi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal lahir.

2. Login dengan username atau email dan password ke laman https://portal.ltmpt.ac.id

3. Memilih menu verifikasi dan validasi data siswa, mengisi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru dan verifikasi biodata.

4. Pilih menu pendaftaran UTBK memilih lokasi pusat UTBK PTN, jenis ujian dan sesi ujian untuk mendapatkan slip pembayaran.

5. Membayar di bank yang telah ditunjuk menggunakan slip pembayaran harus dilakukan paling lambat 1x24 jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X