Kisi-kisi UN 2020 SMK/MAK: Bahasa Indonesia dan Inggris

Kompas.com - 06/01/2020, 22:38 WIB
Siswa SMK Bakti Karya Parigi, Pangandaran, Jawa Barat, berasal dari berbagai suku di Indonesia. Selama tiga tahun, mereka hidup dalam keberagaman. KOMPAS.com/RENI SUSANTISiswa SMK Bakti Karya Parigi, Pangandaran, Jawa Barat, berasal dari berbagai suku di Indonesia. Selama tiga tahun, mereka hidup dalam keberagaman.

KOMPAS.com - Ujian Nasional (UN) 2020 sebentar lagi bakal dilaksanakan. Bagi siswa kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan ( SMK/MAK) harus segera mempersiapkan diri.

Mumpung sudah masuk sekolah lagi, yuk intip kisi-kisi UN SMK/MAK Tahun Pelajaran 2019/2020 yang sudah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

BSNP merupakan lembaga mandiri, profesional, dan independen yang ditunjuk mengemban misi untuk mengembangkan, memantau pelaksanaan, dan mengevaluasi pelaksanaan standar nasional pendidikan.

Jika kamu siswa SMK/MAK, pelajari kisi-kisi UN 2020 ini dari mapel yang diujikan. Ada Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika.

Baca juga: Kisi-kisi UN SMK Lengkap Sudah Bisa Diunduh di Sini

1. Bahasa Indonesia

a. Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, siswa harus bisa mengidentifikasi, memaknai, dan menentukan.

Lingkup materi

  • Membaca nonsastra: siswa dapat memaknai istilah/kata.
  • Membaca sastra: siswa dapat menentukan kata yang bermakna konotatif/kias, menentukan majas, dan mengidentifikasi unsur dalam karya sastra.
  • Menulis terbatas: siswa dapat melengkapi dengan kata yang tepat sesuai konteks.
  • Menyunting kata/istilah, frasa, kalimat dan paragraf: siswa dapat mengidentifikasi kesalahan penggunaan kata, konjungsi, dan kalimat.
  • Menyunting ejaan dan tanda baca: siswa dapat mengidentifikasi kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca.

b. Pada level kognitif aplikasi, siswa dapat menangkap informasi eksplisit, menginterpretasikan, menangkap informasi implisit dan menggunakan.

Lingkup materi

  • Membaca nonsastra: siswa dapat menemukan ide pokok, menyimpulkan isi tersirat dalam teks non sastra.
  • Membaca sastra: siswa dapat menentukan dan menyimpulkan isi tersurat dalam karya sastra.
  • Menulis terbatas: siswa dapat melengkapi unsur teks, karya sastra lama, ulasan dan teks prosedur.
  • Menyunting kata/istilah, frasa, kalimat dan paragraf: siswa dapat menggunakan istilah dalam kalimat, menggunakan kata bentukan, dan kalimat.
  • Menyunting ejaan dan tanda baca: siswa dapat menggunakan ejaan dan tanda baca.

c. Pada level kognitif penalaran, siswa bisa menunjukkan bukti, membandingkan, menanggapi, merefleksi, dan mengevaluasi.

Lingkup materi

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X