Jumlah Soal dan Alokasi Waktu UN 2020 untuk SMA Peminatan IPA

Kompas.com - 08/01/2020, 11:16 WIB
Ilustrasi ujian. THINKSTOCKPHOTOSIlustrasi ujian.

KOMPAS.com- Walau nilai ujian nasional (UN) tidak menjadi salah satu indikator diterima atau tidaknya siswa SMA dan sederajat untuk diterima di perguruan tinggi negeri (PTN), namun nilai UN tetaplah penting.

Nilai ujian nasional 2020 masih menjadi salah satu penilaian oleh sejumlah perguruan tinggi swasta (PTS) dalam menyaring calon mahasiswa. Nilai UN juga diajukan saat siswa ingin mendaftar beasiswa termasuk kuliah di luar negeri.

Berdasarkan surat resmi BSNP dengan Nomor 0110/SDAR/BSNP/IX/2019, UN 2020 untuk jenjang SMA dan sederajat akan dilaksanakan pada bulan Maret hingga April.

Artinya, siswa kelas 12 SMA dan sederajat memiliki waktu sekitar 2 bulan untuk mempersiapkan diri menghadapi UN.

Baca juga: Perhatikan 10 Hal Penting UNBK Ini agar Siswa Tak Kena Sanksi Saat UN

Selain mempelajari kisi-kisi UN, mengetahui jumlah dan jenis soal, termasuk alokasi waktu pengerjaan bisa membuat siswa lebih siap menghadapi UN.

Diharapkan, siswa dapat memperhitungkan lamanya pengerjaan untuk satu soal, sehingga kemungkinan tak selesai mengerjakan soal bisa dikurangi.

Jumlah soal UN 2020

Berdasarkan Prosedur Operasional Standar (POS UN), berikut jumlah butir soal dan alokasi waktu untuk UN tingkat SMA/MA program IPA/ Peminatan matematika dan IPA:

1. Bahasa Indonesia

  • Jumlah butir soal: 50
  • Alokasi waktu: 120 menit

Tips: Siswa memiliki waktu sekitar 2,4 menit untuk mengerjakan satu soal.

2. Bahasa Inggris

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Rilis
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X