Mengenal Materi UTBK 2020, Syarat Wajib SBMPTN

Kompas.com - 08/01/2020, 15:07 WIB
Salah satu peserta UTBK 2019 Gelombang 1 di Universitas Negeri Yogyakarta (4/5/2019). Dok. Kompas.comSalah satu peserta UTBK 2019 Gelombang 1 di Universitas Negeri Yogyakarta (4/5/2019).

KOMPAS.com- Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) adalah ujian wajib bagi siswa SMA dan sederajat untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Nilai UTBK nantinya akan digunakan sebagai syarat utama Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2020 melalui jalur seleksi SBMPTN 2020.

Bahkan, nilai UTBK tak hanya menjadi syarat masuk perguruan tinggi negeri (PTN), sejumlah perguruan tinggi swasta (PTS) saat ini juga telah menggunakan nilai UTBK sebagai seleksi calon mahasiswa.

Baca juga: Rencana Ikut SBMPTN? Ini 9 Universitas Terbaik di Indonesia Tahun 2019

Menurut laman resmi LTMPT sebagai lembaga resmi penyelenggara UTBK, UTBK tahun 2020 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2018, 2019 dan 2020 dari pendidikan menengah SMA/MA/SMK dan sederajat, serta lulusan paket C tahun 2018,2019 dan 2020.

“UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti SBMPTN,” ungkap laman resmi tersebut.

Mengetahui materi apa saja yang diujikan dalam UTBK 2020 membuat siswa siap untuk mengerjakan soal ujian.

LTMPT membagi materi UTBK 2020 menjadi dua kategori, yakni Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Berikut penjelasannya:

Materi Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Baca juga: Tidak Semua Siswa Bisa Masuk Perpanjangan Akun LTMPT, Ini Ketentuannya

Penilaian TPS terdiri dari:

  • Kemampuan penalaran umum.
  • Kemampuan kuantitatif berupa pengetahuan dan penguasaan matematika dasar.
  • Pengetahuan dan pemahaman umum.
  • Kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Perlu menjadi perhatian, bahasa yang digunakan pada TPS sebagian menggunakan bahasa Inggris.

Halaman:


Sumber Rilis
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X