Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu "Walk In Interview"? Para "Fresh Graduate" Harap Perhatikan

Kompas.com - 08/01/2020, 19:44 WIB
Wahyu Adityo Prodjo,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah lulus sekolah atau kuliah, kamu tentunya berharap langsung mendapatkan pekerjaan. Namun, bisa saja satu diantara kalian bahkan sudah bekerja sebelum lulus sekolah atau kuliah.

Dalam mendaftar kerja ke sebuah perusahaan atau instansi, ada sebuah istilah terkait proses penerimaan kerja. Salah satunya adalah Walk In Interview.

Agar mampu melewati tahap penerimaan kerja seperti Walk In Interview, kamu mesti menyiapkan diri. Satu persiapan penting yaitu memahami tahapan Walk In Interview.

Lalu apakah arti istilah Walk In Interview?

Mengenal WII

Walk In Interview adalah jenis wawancara yang biasanya dilakukan oleh perusahaan bila posisi yang ingin diisi dan jumlah pelamarnya cukup besar.

Baca juga: Kuliah di IPB? Ini Peluang Karier Lulusan Fakultas Pertanian

Proses wawancara tidak hanya berlangsung di perusahaan tersebut, melainkan bisa saja terjadi di suatu tempat di luar gedung perusahaan, seperti di hall, hotel atau tempat lain.

Dalam Walk In Interview, pelamar diharuskan untuk langsung datang dan mengantre giliran wawancara. Kamu langsung akan diwawancarai oleh pihak perusahaan.

Dalam Walk In Interview, kamu tak perlu mengirimkan Curriculum Vitae ke perusahaan. Kamu cukup langsung membawa dokumen Curriculum Vitae dan langsung melakukan wawancara.

Tawaran Walk In Interview biasanya dipublikasikan di banyak media seperti koran, website, atau poster di gedung-gedung tempat perusahaan yang membutuhkan karyawan.

Seorang karyawan Human Resources Development di sebuah perusahaan swasta, Aldi Januar mengatakan, proses Walk In Interview dilakukan karena perusahaan sedang membutuhkan karyawan untuk mengisi organisasi dengan cepat.

Biasa untuk profesi tertentu

"Kalau Walk In Interview, wawancaranya hari itu juga," kata Aldi saat dihubungi Kompas.com, Senin (7/1/2020).

Menurutnya, Walk In Interview biasanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang membutuhkan supir angkutan taksi, sales perusahaan mobil atau motor, dan lainnya.

Pada dasarnya menjalani Walk In Interview sama saja dengan wawancara biasa. Meski demikian, kamu tetap dituntut memiliki kesiapan yang maksimal karena langsung berhadapan pewawancara saat melamar.

Aldi menambahkan, biasanya para pelamar kerja akan diberitahu pengumuman hasil Walk In Interview dalam waktu sekitar 5-10 hari setelah wawancara.

Jadi sudah siap menghadapi Walk In Interview?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com