Apa Itu "Walk In Interview"? Para "Fresh Graduate" Harap Perhatikan

Kompas.com - 08/01/2020, 19:44 WIB
Ilustrasi wawancara kerja fizkesIlustrasi wawancara kerja

KOMPAS.com - Setelah lulus sekolah atau kuliah, kamu tentunya berharap langsung mendapatkan pekerjaan. Namun, bisa saja satu diantara kalian bahkan sudah bekerja sebelum lulus sekolah atau kuliah.

Dalam mendaftar kerja ke sebuah perusahaan atau instansi, ada sebuah istilah terkait proses penerimaan kerja. Salah satunya adalah Walk In Interview.

Agar mampu melewati tahap penerimaan kerja seperti Walk In Interview, kamu mesti menyiapkan diri. Satu persiapan penting yaitu memahami tahapan Walk In Interview.

Lalu apakah arti istilah Walk In Interview?

Mengenal WII

Walk In Interview adalah jenis wawancara yang biasanya dilakukan oleh perusahaan bila posisi yang ingin diisi dan jumlah pelamarnya cukup besar.

Baca juga: Kuliah di IPB? Ini Peluang Karier Lulusan Fakultas Pertanian

Proses wawancara tidak hanya berlangsung di perusahaan tersebut, melainkan bisa saja terjadi di suatu tempat di luar gedung perusahaan, seperti di hall, hotel atau tempat lain.

Dalam Walk In Interview, pelamar diharuskan untuk langsung datang dan mengantre giliran wawancara. Kamu langsung akan diwawancarai oleh pihak perusahaan.

Dalam Walk In Interview, kamu tak perlu mengirimkan Curriculum Vitae ke perusahaan. Kamu cukup langsung membawa dokumen Curriculum Vitae dan langsung melakukan wawancara.

Tawaran Walk In Interview biasanya dipublikasikan di banyak media seperti koran, website, atau poster di gedung-gedung tempat perusahaan yang membutuhkan karyawan.

Seorang karyawan Human Resources Development di sebuah perusahaan swasta, Aldi Januar mengatakan, proses Walk In Interview dilakukan karena perusahaan sedang membutuhkan karyawan untuk mengisi organisasi dengan cepat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X