7 Fakta Seputar SNMPTN 2020 yang Wajib Kamu Tahu

Kompas.com - 09/01/2020, 20:37 WIB
Peluncuran Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru 2020 dilakukan oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Prof. lsmunandar yang mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. lkut serta mendampingi Prof. Ravik Karsidi (Ketua LTMPT), Prof. Mohammad Nasih (Wakil Ketua I), Prof. Dr. Sutrisna Wibawa (Wakil Ketua 11), serta Prof. Syafsir Akhlus (Pengurus MRPTNl) di Gedung D Kemendikbud (15/11/2019). DOK. KOMPAS.com/YOHANES ENGGARPeluncuran Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru 2020 dilakukan oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirjen Belmawa) Prof. lsmunandar yang mewakili Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. lkut serta mendampingi Prof. Ravik Karsidi (Ketua LTMPT), Prof. Mohammad Nasih (Wakil Ketua I), Prof. Dr. Sutrisna Wibawa (Wakil Ketua 11), serta Prof. Syafsir Akhlus (Pengurus MRPTNl) di Gedung D Kemendikbud (15/11/2019).

KOMPAS.com - Penerimaan mahasiswa baru untuk perguruan tinggi negeri (PTN) segera dimulai. Ada beragam jalur masuk seperti SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, dan seleksi mandiri.

Salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri yang diminati oleh siswa-siswa SMA mapun SMK adalah SNMPTN. Pendaftaran SNMPTN 2020 sendiri saat ini sudah dibuka.

Sebelum mempersiapkan diri lebih jauh untuk mengikuti SNMPT, yuk simak beberapa fakta tentang SNMPTN.

Berikut fakta-fakta tentang SNMPTN seperti dirangkum dari beberapa sumber.

1. Jalur masuk PTN tanpa tes

SNMPTN merupakan jalur masuk PTN tanpa tes atau yang biasa dikenal dengan Ujian Tes Berbasis Komputer (UTBK).

PTN di seluruh Indonesia akan mengundang siswa-siswi terbaik di sekolah untuk masuk kuliah.

2. Pendaftaran melalui online

Pendaftaran SNMPTN dilakukan melalui halaman  portal.ltmpt.ac.id. Setiap peserta wajib memiliki akun LTMPT dengan melakukan registrasi akun.

Baca juga: Bagaimana Proses Seleksi SNMPTN 2020?

Tahapan pendaftaran SNMPTN meliputi pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa). , pemeringkatan Siswa oleh sekolah, pengumuman Peserta yang Eligible untuk mendaftar SNMPTN.

3. Sistem penilaian berdasarkan prestasi

Tak semua siswa bisa jadi peserta SNMPTN. Kamu akan diseleksi dari sekolah berdasarkan beberapa kriteria yaitu akreditasi sekolah dan nilai rapor semester 1-5.

SMA dengan akreditasi A akan diberikan kuota 40 persen siswa terbaik. SMA dengan akreditasi B akan diberikan kuota 25 persen siswa terbaik dan akreditasi C untuk 5 persen siswa terbaik.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X