Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rektor IPB Prof. Arif: Lulusan IPB Harus Tetap Eksis

Kompas.com - 16/01/2020, 20:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 800 mahasiswa IPB University diwisuda pada Rabu (15/1) di Gedung Grha Widya Wisuda (GWW) Kampus IPB Dramaga Bogor. Seremonial wisuda dibuka secara langsung oleh Rektor IPB University, Prof. Dr. Arif Satria.

Rektor IPB University, Prof Arif Satria dalam sambutannya menyampaikan, para lulusan IPB University diharapkan tetap eksis di masa yang akan datang.

Di samping itu, ia juga menekankan supaya para lulusan tetap bersinergi dan bekerjasama dalam memajukan bangsa dan negara.

"Saat ini kita sedang dihadapkan dengan berbagai krisis, terutama krisis lingkungan. Krisis lingkungan ini sudah di depan mata," ungkap Prof. Arif dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Ia menyebutkan saat ini Indonesia dihadapkan pada krisis lingkungan yang harus segera diatasi.

Krisis lingkungan tersebut memicu munculnya sejumlah masalah seperti banjir, pencemaran sungai, rusaknya ekosistem laut, pemanasan global, pencemaran udara, sulitnya air bersih, kerusakan hutan dan pencemaran tanah.

“Krisis lingkungan ini juga berdampak kepada masalah sumber daya alam, khususnya sumber pangan. Indonesia dihadapkan dengan dua masalah utama pangan, yaitu krisis pangan dan food loss and waste. Food loss and waste Indonesia nomor dua di dunia setelah Arab Saudi,” ungkap Prof Arif.

Pembelajar tangguh

Untuk menghadapi permasalahan tersebut, Guru Besar IPB University dari Fakultas Ekologi Manusia ini menghimbau supaya para lulusan tetap menjadi pembelajar yang tangguh.

Dengan menjadi powerfull agile learner maka diharapkan para lulusan dapat eksis dan mampu menghadapi ketidakpastian yang terjadi di masa depan.

Untuk menghadapi ketidakpastian tersebut, Prof Arif mengatakan, para alumni perlu diperkuat dengan tiga hal yaitu integrity, inovasi dan inspirasi.

"Integrity itu dasarnya kejujuran, dengan kejujuran itulah kita bisa berkolaborasi sehingga mampu menghasilkan inovasi-inovasi yang berguna bagi masyarakat. Dari inovasi itulah kita bisa menginspirasi banyak orang," papar Prof Arif Satria.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com