Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nadiem Makarim: Keberagaman Bisa Jadi Solusi Masalah untuk SDM Unggul dan Berkarakter

Kompas.com - 17/01/2020, 21:24 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim menyebutkan keberagaman suku, agama, dan budaya bisa menjadi solusi menyelesaikan masalah untuk mewujudkan SDM unggul dan berkarakter di Indonesia.

Hal itu diungkapkan Nadiem saat memberikan sambutan dalam acara Perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta, Jumat (17/1/2020) malam.

“Keberagaman suku, agama, dan budaya bangsa Indonesia bukanlah sebuah hambatan melainkan merupakan anugerah Tuhan yang tak ternilai,” kata Nadiem.

Menurut Nadiem, tak mungkin ada sumber daya manusia yang unggul dan berkarakter tanpa keberagaman.

Baca juga: Di Kulonprogo, Ada Toleransi di Sepotong Roti...

Ia melanjutkan kebersamaan dalam berbagai keberagaman merupakan kekuatan bangsa Indonesia untuk mewujudkan kehidupan yang bersatu bergotong royong, berdaulat, adil, dan makmur berdasarkan UUD 45.

“Pada kesempatan ini, saya mengajak seluruh insan Kemendikbud untuk membangun solidaritas dan sinergitas dalam menyatukan keberagaman sehingga terwujud proses pembelajaran yang berkarakter,” tambah Nadiem.

Nadiem mengajak masyarakat untuk menghindari hal-hal yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa karena keberagaman merupakan anugerah yang terindah.

Dalam perayaan Natal 2020 di Kemendikbud, juga dihadiri oleh istri Mendikbud, Franka Nadiem Makarim; Uskup Agung Jakarta Kardinal Ignatius Suharyo; Pendeta WTP Simarmata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com