Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2020, 10:23 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Bila kamu mahasiswa D3 atau S1 tengah mengalami kesulitan masalah finansial melanjutkan kuliah, Yayasan Van Deventer-Maas memberikan penawaran bantuan beasiswa S1 dan beasiswa D3.

Yayasan Van Deventer-Maas (VDMS) merupakan yayasan nonprofit yang memiliki tujuan utama meningkatkan penyediaan pendidikan, dan pengembangan pendidikan Indonesia, khususnya pendidikan untuk perempuan Indonesia.

Lebih dari 60 tahun setelah kematian Betsy Maas, VDMS terus menggunakan pendapatan dana hibah ini untuk mempromosikan cita-cita R.A. Kartini, Coen Van Deventer dan Betsy Maas, sesuai dengan keinginannya.

Pendaftaran beasiswa dalam negeri VDMS baru akan dibuka mulai 10 Februari sampai 10 Maret 2020.

Cakupan beasiswa

1. Bantuan dana pendidikan sebesar Rp. 650.000 yang akan dibayarkan langsung ke rekening pribadi penerima beasiswa setiap bulan.

Baca juga: Beasiswa Penuh 2020 SMA Milik TNI AU, Ini Syarat dan Alurnya

2. Satu kali Bonus TOEFL dan Bonus Lulus Tepat Waktu.

3. Mendapatkan pelatihan pengembangan kapasitas pribadi melalui proses seleksi. Semua biaya pelatihan ditanggung oleh Yayasan VDMS Indonesia.

Durasi bantuan

Beasiswa mulai diberikan sejak tahun kedua sampai akhir masa studi sesuai standar pendidikan, kecuali yang bersangkutan tidak dapat mempertahankan prestasi (IPK < 3.00), cuti, tidak mengkonfirmasi penerimaan dana dan tidak memberikan laporan sama sekali dalam periode tertentu.

Syarat peserta

1. Mahasiswa S1 tahun ke 1–3 dan mahasiswa D3 tahun ke 1–2.

2. Berusia maksimal 27 tahun.

3. Berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu (dibuktikan dengan SKTM dan atau Surat rekomendasi dari pihak kampus yang menyatakan kondisi keuangan/kemampuan ekonomi mahasiswa yang bersangkutan).

4. IPK minimal atau sama dengan 3.00.

5. Jurusan penerima: Pertanian, Perikanan, Peternakan, Arsitektur, Seni dan Budaya, Biologi, Kimia, Matematika, Fisika, Komunikasi, Ekonomi, Pendidikan, Teknik, Bahasa, Manajemen, Kehutanan, Geografi, Kesehatan/Kedokteran, Sejarah, Informatika, Statistik, dll (kecuali Hukum, Ilmu Politik, Hubungan Internasional, Ilmu Administrasi Negara, Agama, dan Teologi)

6. Aktif berorganisasi atau di komunitas.

7. Fasih berbahasa Inggris diutamakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com