Kisah Pustakawan Arda, Dicibir tapi Jadi Pelecut Prestasi Nasional

Kompas.com - 18/01/2020, 15:16 WIB
Pustakawan asal Daerah Istimewa Yogyakarta, Arda Putri Winata, terpilih sebagai pustakawan terbaik Nasional 2019. Dok Humas PerpusnasPustakawan asal Daerah Istimewa Yogyakarta, Arda Putri Winata, terpilih sebagai pustakawan terbaik Nasional 2019.


KOMPAS.com - Selama ini, orang yang bekerja di perpustakaan ( pustakawan) sering digambarkan punya raut muka kaku dan serius. Bahkan profesi ini juga sering dianggap sebagai tukang cap buku.

Lebih miris lagi, ada sumber bacaan yang menyebutkan bahwa profesi ini diprediksi bakal punah di masa mendatang. Padahal, sebenarnya pustakawan punya nilai lebih.

Seperti seorang pustakawan yang satu ini. Dikutip dari Harian Kompas edisi Jumat 30 Agustus 2019, kisah menarik ini bercerita tentang pustakawan berprestasi bernama Arda Putri Winata (28).

Arda dulu tak pernah terbayang bahwa akan kuliah di bidang perpustakaan. Ternyata ini menjadi jalannya masuk Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Islam Negeri ( UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Baca juga: Kisah Dokter Gigi Tati, Kuliah Sambil Jual Makanan Ringan di Kampus

Meski tanpa berbekal banyak informasi tentang pustakawan, jurusan tersebut menjadi pilihan ketiganya dalam seleksi masuk perguruan tinggi jalur prestasi.

Ketika lulus kuliah pada 2013, Arda langsung mengawali karier menjadi pustakawan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Denpasar.

Namun 6 bulan berselang, Arda memutuskan melanjutkan studi Magister Manajemen Informasi dan Perpustakaan di Universitas Gadjah Mada ( UGM).

Jadi pustakawan berprestasi nasional 2019

Pada 2014, Arda melanjutkan karier pustakawannya di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) hingga sekarang. Di sana, prestasi demi prestasi diraih oleh Arda.

Mulai dari menjadi Pemenang I Pustakawan Berprestasi Tingkat Kopertis Wilayah V 2017 hingga yang terbaru sebagai Pemenang I Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Nasional 2019.

Hal inilah yang menjadikan profesi pustakawan adalah nilai lebih bagi dirinya. Karenanya, ketika bekerja di dalam perpustakaan, Arda selalu membuka senyum dan bercakap ria kepada setiap pengunjung.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X