Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2020, 15:38 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Ujian Nasional, tes masuk PTN, dan tes CPNS sebentar lagi akan dilaksanakan. Selain menguasai materi, ternyata dibutuhkan pula strategi untuk mengerjakannya.

Apapun jenis ujiannya, semua berkaitan dengan waktu. Meski menguasai materi dengan baik dan mampu menjawab soalnya, apabila tidak pintar dalam memperhitungkan waktu maka bisa saja ujian tersebut gagal.

Mengatur strategi agar dapat menyelesaikan soal dengan tepat waktu bukan hal yang mudah. Perlu kedisiplinan dan kebiasaan untuk menghadapi tenggat waktu. Mengerjakan latihan soal menggunakan timer menjadi salah satu cara ampuh yang bisa dilakukan.

Edutore, platform bank soal digital dari Gramedia Grup menjelaskan 4 manfaat mengerjakan latihan menggunakan timer? Simak penjelasannya:

1. Belajar menjadi lebih fokus

Menjaga konsentrasi dan fokus ketika belajar merupakan salah satu hal yang sulit. Belajar dalam kondisi fokus dapat membantu kamu menyelesaikan soal-soal yang sedang dipelajari dan dapat meningkatkan produktivitasmu.

Baca juga: 4 Cara Orangtua dalam Mendampingi Anak Hadapi Ujian

 

Mengerjakan latihan soal menggunakan timer merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan fokus. Karena dengan menyetel timer, kamu akan merasa lebih bertanggung jawab untuk mengerjakan latihan soal tepat waktu.

Jika soal-soal yang kamu kerjakan selesai berdasarkan timer yang dipasang, tentu ada perasaan senang yang kamu rasakan.

2. Mampu memperhitungkan waktu

Ujian berkaitan dengan waktu. Kamu dituntut untuk menyelesaikan soal ujian di waktu yang sudah ditentukan.

Jika tidak terbiasa berpacu dengan waktu, kamu akan merasa kewalahan dan tidak tenang mengerjakan soal ujian.

Dengan berlatih menggunakan timer secara rutin, kamu akan mampu memperhitungkan waktu, dan menyusun strategi agar soal ujian bisa terselesaikan tanpa terburu-buru.

3. Terbiasa dengan tenggat waktu

Rutin mengerjakan latihan soal menggunakan timer, semakin lama semakin terbiasa dengan tenggat waktu. Selain itu, kamu juga dapat mengukur perkembangan diri kamu dalam menguasai dan menyelesaikan soal.

Misalnya, pada latihan soal pertama kamu menyelesaikan 40 soal dalam kurun waktu lebih dari 90 menit. Karena sering berlatih, kamu akan akan terbiasa menghadapinya dan bisa menyelesaikan 40 soal bahkan kurang dari 90 menit.

4. Menjadi lebih disiplin

Ketika fokus dalam mengerjakan latihan soal, kamu akan menghentikan segala aktivitas yang tidak berkaitan dengan belajar. Karena saat itu kamu sedang berpacu dengan waktu.

Hal demikian menjadi kebiasaan baik yang akan melekat pada diri kamu sehingga kamu menjadi lebih disiplin ketika belajar.

Itulah beberapa manfaat yang bisa dirasakan dalam mengerjakan soal menggunakan timer. Kamu bisa menggunakan stopwatch maupun alarm untuk dijadikan timer.

Jika ingin lebih mudah dan efisien, kamu bisa menggunakan platform belajar yang didalamnya menerapkan sistem pengatur waktu atau timer.

Mengerjakan latihan soal di edutore.com sudah dilengkapi dengan timer sehingga kamu bisa langsung mengerjakan soalnya berdasarkan standar waktu yang sudah diatur oleh Edutore.

Latihan soalnya pun banyak dan lengkap, kamu bisa mengerjakan latihan soal yang berbeda-beda sesuai kebutuhan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com