Kisi-kisi UN 2020 SMA Jurusan IPA: Mapel Fisika

Kompas.com - 19/01/2020, 08:52 WIB
Ilustrasi siswa SMA ujian. KOMPAS.com/ALBERTUS ADITIlustrasi siswa SMA ujian.


KOMPAS.com - Ujian Nasional (UN) 2020 jenjang SMA/Sederajat bakal digelar akhir Maret 2020 mendatang. Jika tidak disiapkan dengan baik, nilai yang diraih bisa kurang maksimal.

Karena itu, bagi kamu para siswa yang saat ini duduk di bangku kelas 12 SMA, harus memberikan porsi lebih untuk belajar di rumah.

Agar nilai UN sesuai harapan, alangkah baiknya jika kamu belajar sesuai dengan kisi-kisi UN Tahun Pelajaran 2019/2020.

Sebelumnya, Kompas.com telah menyampaikan informasi terkait kisi-kisi mata pelajaran (mapel) Matematika. Berikut kisi-kisi UN 2020 dikeluarkan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)untuk mapel Fisika bagi siswa jurusan IPA.

Baca juga: Kisi-kisi UN 2020 SMA Jurusan IPS: Mapel Matematika

Level Kognitif

Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, siswa harus mengidentifikasi, menyebutkan, menunjukkan, membedakan, mengelompokkan/mengkasifikasi.

Lingkup materi

  • Mekanika: siswa mampu memahami pengetahuan tentang; pengukuran, hubungan Impuls dan momentum.
  • Gelombang dan optik: siswa mampu memahami pengetahuan tentang; karakteristik gelombang, ciri-ciri bunyi dan cahaya.
  • Termodinamika: siswa didik mampu memahami pengetahuan tentang sifat-sifat gas ideal.
  • Listrik, magnet dan fisika modern: siswa mampu memahami pengetahuan tentang; spektrum gelombang elektromagnet, inti atom, karakteristik inti atom dan radioaktivitas, manfaat radioaktif dalam teknologi.

Level aplikasi

Pada level kognitif aplikasi, siswa harus menginterpretasi, menghitung, mengurutkan, menerapkan, dan memodifikasi.

Lingkup materi

  • Mekanika: siswa mampu mengaplikasikan tentang; pengukuran, vektor, hukum Newton, gerak planet dan satelit dalam tata surya, usaha, energi dan perubahannya, hukum kekekalan energi mekanik, gerak lurus, gerak melingkar, gerak parabola, impuls, momentum, dan tumbukan, torsi, momen inersia, titik berat, momentum sudut pada benda tegar, fluida statis dan dinamis.
  • Gelombang dan optik: siswa mampu mengaplikasikan tentang; gelombang bunyi dan gelombang cahaya.
  • Termodinamika: siswa didik mampu mengaplikasikan tentang; azas Black, kalor dan perpindahan kalor, gas ideal dan hukum termodinamika.
  • Listrik, magnet dan fisika modern: siswa mampu mengaplikasikan tentang; listrik statis, alat ukur listrik, rangkaian AC dan DC, gelombang elektromagnet, induksi dan gaya magnetik, gejala kuantum, teori relativitas khusus, inti atom.

Baca juga: Kisi-kisi UN 2020 SMA Mapel Bahasa Inggris

Level penalaran

Pada level kognitif penalaran, siswa harus membandingkan, menemukan, menyimpulkan, menggabungkan, menganalisis, menerumuskan, memprediksi, memecahkan masalah.

Lingkup materi

  • Mekanika: siswa mampu bernalar tentang; gerak lurus, gerak melingkar, gerak parabola, hukum Newton, gerak planet dan satelit dalam tata surya, usaha, energi dan perubahannya, hukum kekekalan energi mekanik, torsi, momen inersia, titik berat, momentum sudut pada benda tegar, pengaruh gaya pada sifat elastisitas.
  • Gelombang dan optik: siswa mampu bernalar tentang; gaya dan getaran, cara kerja alat optik, gelombang berjalan, gelombang stasioner.
  • Termodinamika: siswa didik mampu bernalar tentang: kalor dan perpindahan kalor, gas ideal dan hukum termodinamika.
  • Listrik, magnet dan fisika modern: siswa mampu bernalar tentang; listrik statis, listrik dinamis/ rangkaian satu loop, induksi Faraday, listrik arus bolak-balik, gejala kuantum, teori relativitas.

Jadwal UN 2020 SMA/MA/Sederajat

1. Sinkronisasi Data: 27-28 Maret 2020

2. Pelaksanaan Ujian: Kamis 30 Maret - 2 April 2020

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X