Perkuat STEAM, Untar Gelar Kompetisi dan Pelatihan Robotik SD dan SMP

Kompas.com - 20/01/2020, 18:38 WIB
Kompetisi Regional Greenmech dan Robot for Mission 2020 di Kampus I Untar, Sabtu (18/1/2020). DOK. UNTARKompetisi Regional Greenmech dan Robot for Mission 2020 di Kampus I Untar, Sabtu (18/1/2020).

KOMPAS.com - Bidang STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematics) sangat penting untuk dipelajari, dikembangkan dan digunakan dalam berbagai bidang kehidupan seiring dengan perkembangan teknologi Teknologi Informasi dan Robotika.

Seiring makin pesat di era Revolusi Industri 4.0 yang akan terus berkembang ke depan, pengembangan STEAM mulai sejak dini akan menghasilkan generasi yang makin cerdas, kreatif dan inovatif, tanpa meninggalkan karakter dan peradapan yang baik

Hal ini disampaikan Rektor Untar Prof. Agustinus Purna Irawan saat membuka kompetisi "Regional Greenmech dan Robot for Mission 2020" di Kampus I Untar, Sabtu (18/1/2020).

Untar kembali menjadi tuan rumah kompetisi yang merupakan kolaborasi antara Pusat Bimbingan dan Konsultasi Psikologi (PBKP) Untar dengan Rumah Edukasi.

Menyiapkan siswa dan guru

"Melalui acara ini kami berharap anak anak makin mencintai bidang STEAM sehingga pada saatnya mereka dapat ikut serta mengembangkan STEAM untuk kehidupan yang makin baik," ujar Prof. Agustinus kepada Kompas.com (20/1/2020).

Baca juga: Kompetisi Robotik Madrasah 2019 dan Pembuktian Madrasah Melek Teknologi

Kolaborasi ini tidak hanya dalam pelaksanaan kompetisi namun juga memberikan pembekalan bagi guru-guru yang terlibat dalam pembinaan kegiatan robotik di sekolah masing-masing.

"Guru dan sekolah juga mempunyai kepedulian yang makin baik untuk mendorong STEAM dapat dipelajari dan dikembangkan, sehingga kita tidak tertinggal oleh negara negara lain dalam pengembangan teknologi dan peradaban," ujar Rektor Untar.

Untar berkolaborasi dengan Rumah Edukasi menyelenggarakan kegiatan Lomba Robot untuk sejak tahun 2012 dan khusus untuk pelaksanaan lomba robot dimulai sejak tahun 2017.

Untar menyiapkan sarana prasarana, psikolog anak dan juga trainer yang dibutuhkan untuk kegiatan ini karena Untar juga mengembangkan pembelajaran robotik bagi para mahasiswa.

Juara kompetisi robotik

Rektor Untar Prof. Agustinus Purna Irawan saat membuka kompetisi Regional Greenmech dan Robot for Mission 2020 di Kampus I Untar, Sabtu (18/1/2020).DOK. UNTAR Rektor Untar Prof. Agustinus Purna Irawan saat membuka kompetisi Regional Greenmech dan Robot for Mission 2020 di Kampus I Untar, Sabtu (18/1/2020).

Kompetisi ini bertujuan mengembangkan semangat kreativitas dan kerja sama tim menggunakan prinsip saintifik yang mengkombinasikan 5 aspek pembelajaran dan pengembangan yang dikenal dengan istilah STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X