Begini Presentasi Karya Ilmiah di SMA Kolese Kanisius Jakarta, Seperti Anak Kuliah!

Kompas.com - 20/01/2020, 21:45 WIB
Siswa XII SMA Kolese Kanisius Jakarta mempresentasikan Research Paper di depan guru penguji, orangtua, siswa kelas X dan XI SMA Kolese Kanisius, dan tamu undangan di dalam kelas SMA Kolese Kanisius Jakarta, Senin (20/1/2020. Kegiatan presentasi Research Paper SMA Kolese Kanisius merupakan bagian dari acara yang bertema Merdeka Belajar: Exhibitions of Learning Experience. KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJOSiswa XII SMA Kolese Kanisius Jakarta mempresentasikan Research Paper di depan guru penguji, orangtua, siswa kelas X dan XI SMA Kolese Kanisius, dan tamu undangan di dalam kelas SMA Kolese Kanisius Jakarta, Senin (20/1/2020. Kegiatan presentasi Research Paper SMA Kolese Kanisius merupakan bagian dari acara yang bertema Merdeka Belajar: Exhibitions of Learning Experience.

KOMPAS.com - "Ini ujiannya sudah seperti sidang tugas akhir anak kuliah," kata Fatur saat melihat presentasi karya ilmiah tiga siswa kelas XII SMA Kolese Kanisius Jakarta. Presentasi karya ilmiah tersebut merupakan bagian dari acara Merdeka Belajar: Exhibitions of Learning Experience.

Mereka menggunakan setelan jas hitam dengan kemeja putih dan berdasi.

Satu persatu siswa bergantian berbicara tentang karya penelitian ilmiah di depan dua guru penguji dan tamu undangan yaitu orangtua, siswa-siswa kelas X dan XI SMA Kolese Kanisius, dan siswa dari sekolah lain.

Mereka mempresentasikan materi lewat dengan bantuan proyektor yang ditembakkan ke arah papan tulis.

Baca juga: Terapkan Merdeka Belajar, SMA Kolese Kanisius Jakarta Presentasikan Research Paper

Dari raut wajahnya, mereka tampak yakin dalam mempresentasikan karyanya.

Di akhir sesi presentasi, para tamu undangan bertanya tentang karya ilmiah yang mereka susun.

"Kalau dijual, itu berapa harganya?" kata seorang tamu undangan.

"Ini masih fokus digunakan secara internal. Masih butuh pengembangan," kata Miguel, salah satu siswa yang mempresentasikan tentang pembuatan papan komposit dari bahan serbuk kayu dan ampas tebu.

Di sisi kiri dan kanan bagian depan para presentator, ada dua guru penguji yang memperhatikan dan bertanya tentang presentasi karya ilmiah.

Satu guru untuk melihat secara segi penggunaan bahasa dan guru lainnya melihat presentasi dari segi keilmuan yang dipilih dalam presentasi.

Di selain para presentator dan tamu undangan, ada juga moderator yang memandu jalannya presentasi. Tak hanya itu, ada juga notulen dan time keeper.

Moderator dan time keeper memastikan jalannya presentasi agar lancar. Sementara, notulen akan merangkum dan membacakan materi yang telah dipresentasikan oleh para presentator.

Presentasi karya ilmiah oleh satu kelompok siswa kelas XII SMA Kolese Kanisius berlangsung selama satu jam. Presentasi diakhiri dengan tepuk tangan dari para tamu dan guru penguji.

Halaman:


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X