Lulus SMK? Jangan Khawatir, Ini 4 Peluang Karier Lulusan SMK

Kompas.com - 21/01/2020, 07:25 WIB
Ilustrasi karyawan KOMPAS/FERRY SANTOSOIlustrasi karyawan


KOMPAS.com - Banyak diantara lulusan SMK masih bingung mencari pekerjaan. Padahal, jika tahu peluangnya pasti bisa mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bakat dan kemampuan.

Seperti dirangkum dari laman Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK) Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud), ada beberapa peluang pekerjaan bagi lulusan SMK.

Berikut 4 peluang lulusan SMK:

1. Jadi pegawai swasta

Ketika lulus SMK, kamu bisa mendaftar jadi pegawai swasta. Sebagai pegawai swasta tentunya sedikit berbeda dengan pekerjaan pegawai negeri maupun pekerjaan lainnya.

Baca juga: Lowongan Kerja Desainer dan Penjahit bagi Lulusan SMK

Tapi, jadi pegawai swasta punya beberapa kelebihan, yakni:

a. Gaji lebih besar

Berbeda dengan pegawai negeri yang sistem gajinya sudah di atur oleh pemerintah, jadi pegawai swasta tentu kamu bebas bernegosiasi gaji sesuai dengan kinerja dan kemampuan yang kamu miliki.

Bahkan kamu bisa memiliki gaji 3X lebih besar dibandingkan dengan pegawai negeri meskipun sama-sama masih fresh graduate.

b. Mudah mengembangkan diri

Sebagai pegawai swasta, tentunya memiliki kebijakan dari perusahaannya masing-masing. Kebijakan perusahaan dalam mengumpulkan keuntungan yang sebesar-besarnya ini maka akan memberikan kebebasan kepada pegawainya untuk berkarya dan meningkatkan kemampuannya untuk mencapai target tersebut.

c. Mudah mengatur waktu

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X