Ingin Masuk ITB? Ini Kisaran Nilai Passing Grade UTBK Lolos SBMPTN

Kompas.com - 21/01/2020, 14:08 WIB
Ilustrasi ITB DOK. LAMAN ITBIlustrasi ITB

KOMPAS.com – Hampir setiap tahun, Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) dengan passing grade yang tinggi untuk prodi Saintek pada SBMPTN.

Peserta SBMPTN untuk program studi (prodi) Saintek yang diterima di ITB memiliki skor rata-rata UTBK 698,75. Inilah yang membuat prodi Saintek di ITB paling sulit di tembus pada SBMPTN 2019.

Sedangkan prodi Soshum ITB menempati peringkat kedua yang paling sulit ditembus pada SBMPTN 2019 dengan skor rata-rata UTBK 662,64.

Sehingga, mendapatkan nilai UTBK 2020 sesuai dengan nilai rata-rata UTBK 2019 dapat memperbesar kemungkinan kamu untuk lolos jadi "anak ITB".

Baca juga: Daftar Passing Grade Jurusan Saintek di UI, UGM, dan ITB

Belum lagi, di ITB nilai UTBK tidak hanya digunakan sebagai syarat kelulusan SBMPTN, tetapi juga menjadi penilaian untuk seleksi mandiri.

Namun,  di tengah ketatnya persaingan, ITB kini memiliki PSDKU atau Program Studi Di Luar Kampus Utama. Kelebihannya, PSDKU memiliki passing grade yang lebih rendah dibandingkan prodi pada umumnya.

Baik pihak LTMPT dan PTN, termasuk ITB sendiri selama ini tidak pernah merilis secara resmi passing grade minimal atau maksimal sebagai syarat kelulusan.

Melansir Rencanamu.id, berikut data passing grade 10 prodi paling sulit atau mudah ditembus berdasarkan data SBMPTN 2019:

Berikut adalah nilai rata-rata UTBK yang lolos ke ITB pada SBMPTN tahun lalu, melansir Rencanamu.id.

Saintek

1. Sekolah Teknik Elektro & Informatika (STEI)

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X