11 Kampus UIN bisa Kamu Pilih di SNMPTN dan SNMPTN, Asalkan...

Kompas.com - 22/01/2020, 21:24 WIB
Suasana pemotretan calon mahasiswa baru Unpad jalur SNMPTN 2019 untuk mendapatkan Kartu Tanda Mahasiswa. Dok. UnpadSuasana pemotretan calon mahasiswa baru Unpad jalur SNMPTN 2019 untuk mendapatkan Kartu Tanda Mahasiswa.

KOMPAS.com - Calon mahasiswa baru bisa memilih 11 Perguruan Tinggi Agama Islam atau UIN di tahap SNMPPTN dan SBMPTN tahun ini.

Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT), Budi Prasetyo Widyobroto mengatakan calon mahasiswa baru yang memilih UIN hanya bisa ikut SNMPTN dan SBMPTN untuk bidang studi atau program studi umum.

“Jadi (prodi) yang khusus keagamaan tidak ikut kita,” kata Budi seperti dikutip dari website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Beberapa UIN yang sudah bergabung dengan LTMPT antara lain UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Sunan Ampel Surabaya, dan UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Baca juga: Daftar Lengkap Jurusan dan Jadwal Jalur Masuk UIN Jakarta

Tahun ini ada 11 pada tahun ini ada 85 perguruan tinggi negeri (PTN) yang terdaftar dalam LTMPT.

Dari 85 PTN itu, 11 di antaranya merupakan Perguruan Tinggi Agama Islam atau Universitas Islam Negeri (UIN).

“Mulai tahun 2020 ini bertambah ada Universitas Terbuka (UT) yang baru bergabung, tapi hanya ikut di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Itu pun hanya untuk dua program studi yang berhubungan dengan teknologi informasi dengan total daya tampung hanya 50 orang,” tutur Budi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X