Kembali Jadi Duta Baca Indonesia, Ini Tugas Penting Najwa Shihab

Kompas.com - 24/01/2020, 17:52 WIB
Duta Baca Indonesia, Najwa Shibab. Dok. Perpustakaan NasionalDuta Baca Indonesia, Najwa Shibab.

KOMPAS.com - Najwa Shihab kembali menjadi Duta Baca Indonesia (DBI) untuk kali kelima. Pada tahun ini, Najwa Shihab bertugas untuk kembali membumikan literasi informasi secara masif ke seluruh penjuru nusantara, khususnya ke generasi muda.

Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando mengatakan berbagai indikator kegemaran membaca masyarakat Indonesia menunjukkan kegemaran membaca masyarakat Indonesia semakin meningkat.

Perhatian masyarakat dan pemerintah daerah semakin meningkat, yang terlihat dari maraknya kegiatan literasi di seluruh daerah di Indonesia.

"Kami sungguh mengapresiasi atas semua kinerja Najwa Shihab sebagai Duta Baca Indonesia yang sangat banyak mengubah wajah pengembangan literasi di Indonesia saat ini. Perpusnas kini lebih banyak dikenal, salah satunya berkat karena Mbak Najwa," ungkap Syarif Bando dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Baca juga: Najwa Shihab Bicara soal Aktivitas Kampus, Passion hingga Toleransi

Syarif Bando menyinggung pentingnya literasi di generasi muda, karena esensi literasi diperlukan untuk menghadapi revolusi industri 4.0.

“Inovasi-inovasi lahir dengan membaca, perbedaan petani mangga yang membaca dengan yang tidak membaca terlihat dari hasil panennya. Jika dalam sekali panen petani tersebut memanen banyak mangga, maka itu adalah petani yang membaca dan menemukan rekayasa genetika tanaman mangga dari buku yang dibacanya,” jelas Syarif Bando.

Sementara itu, Najwa Shihab mengaku status Duta Baca Indonesia melekat kepada dirinya ketika melakukan kunjungan ke banyak daerah di Indonesia.

Bahkan, kini kata “literasi” sudah banyak dikenal oleh masyarakat di Indonesia, karena dirinya berkomitmen tinggi membuat masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda, lebih mencintai kegiatan membaca buku.

Baca juga: Najwa Shihab Jadi Provokator dan Penyebar Virus Baca Buku di Indonesia

“Tidak kurang dari belasan titik daerah saya selalu menemukan tantangan yang beragam ketika mengunjungi daerah. Namun, ada kesamaan ketika berbicara tentang buku. Artinya, buku menjadi penghubung dari segala perbedaan,” ungkap pendiri Narasi TV ini.

Najwa Shihab terpilih menjadi Duta Baca Indonesia sejak 2016. Setiap tahun, DBI melalukan kegiatan kampanye kegemaran membaca dan literasi di berbagai daerah di Indonesia.

Tahun lalu, Najwa Shihab terlibat dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan di Jakarta maupun di beragam daerah sebanyak 12 titik.

Duta Baca Indonesia merupakan program Perpustakaan Nasional RI yang menampilkan sosok inspiratif untuk menjadi motivator dalam membangkitkan kegemaran membaca dan mengampanyekan pembudayaan kegemaran membaca melalui berbagai media.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X