[POPULER EDUKASI] Biaya Kuliah 5 PTN Terbaik I Kisaran Kuliah Kedokteran Swasta I Rangkuman 4 Kebijakan Kampus Merdeka

Kompas.com - 26/01/2020, 08:27 WIB
Ilustrasi ITB DOK. LAMAN ITBIlustrasi ITB

KOMPAS.com - Besaran biaya kuliah PTN dan kuliah kedokteran swasta menjadi dua tulisan yang paling banyak dibaca pembaca Kompas.com di kanal edukasi sepanjang Kamis (23/1/2020) hingga Sabtu (25/1/2020) kemarin.

Selain itu, Mendikbud Nadiem yang menginisiasi program Kampus Merdeka untuk tingkat pendidikan tinggi pada Jumat (24/1/2020) langsung menjadi berita pilihan pembaca menjelang akhir minggu.

Berikut artikel populer edukasi sepanjang Kamis hingga Sabtu (23-25/1/2020) yang sayang jika dilewatkan:

1. Berapa Biaya Kuliah 5 PTN Terbaik Indonesia: ITB, UGM, IPB, ITS dan UI?

ITB (Institut Teknologi Bandung), UGM (universitas Gadjah Mada), IPB (Institut Pertanian Bogor), ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya) dan UI (Universitas Indonesia) merupakan 5 universitas terbaik versi Kemeristekdikti tahun 2019.

Baca juga: Masih Dibuka, 6 Lowongan Kerja di Perum Damri 2020

 

Kemenristekdikti kala itu telah mengumumkan klasterisasi/pemeringkatan pada perguruan tinggi Indonesia 2019 (16/08/2019) dengan menggunakan beberapa indikator nilai, di antaranya; Kinerja Input: 15 persen. Proses: 25 persen. Kinerja: output 25 persen. Outcome: 35 persen. 

Jika kamu berencana masuk 5 PTN terbaik tersebut melalui jalur SNMPTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri), SBMPTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri) maupun jalur mandiri, ada baiknya kamu mengetahui besaran biaya kuliah di kampus yang kamu cita-citakan tersebut.

Dirangkum dari beberapa sumber, gambaran biaya UKT (Uang Kuliah Tunggal) di 5 PTN terbaik dapat dibaca melalui artikel ini.

2. Berapa Kisaran Biaya Kuliah Kedokteran di 5 Universitas Swasta?

Ilustrasi dokteripopba Ilustrasi dokter

Hampir setiap anak ketika ditanya akan menjadi apa saat besar nanti akan memberikan jawaban sama: jadi dokter.

Seiring perjalanan waktu, selain karena sulitnya studi kedokteran, tingginya biaya kuliah di fakultas kedokteran juga menjadi salah satu alasan mengapa jurusan satu ini terbilang sulit diraih.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X