Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Daftar Beasiswa S2 di Belanda, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku

Kompas.com - 26/01/2020, 10:00 WIB
Ayunda Pininta Kasih,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak jalan menuju Eropa tanpa biaya, salah satunya melalui beasiswa StuNed. StuNed memungkinkan kamu belajar sekaligus melihat kincir angin dan hamparan bunga tulip yang bersemi indah di Belanda.

StuNed atau Studeren in Nederland adalah program beasiswa penuh hasil kerja sama Pemerintah Belanda dan Indonesia yang memberikan prioritas pada empat bidang yaitu agriculture, investment climate, water management, dan security and rule of law.

Keempat bidang itu menjadikan StuNed sebagai program beasiswa yang cukup diperhitungkan bagi pelajar dan mahasiswa Indonesia.

“Mudah-mudahan kerja sama di empat bidang itu hasilnya sudah bisa terlihat dalam 20 tahun usia StuNed. Tentunya melalui alumni yang sekarang sudah bekerja di berbagai tempat di seluruh Indonesia," ujar Coordinator Scholarship Team Nuffic Neso Indonesia Indy Hardono.

Baca juga: Beasiswa Studi Keislaman, Bantuan Tugas Akhir S1, S2 dan S3

Selama 20 tahun StuNed rutin memberikan beasiswa bagi mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan studi S2 di Belanda setiap tahunnya.

Bila kamu memiliki impian melanjutkan studi di Belanda, berikut tata cara pendaftaran program beasiswa StuNed 2020.

Cakupan beasiswa

  1. Uang kuliah, maksimum 20 ribu Euro per tahun.
  2. Biaya hidup atau uang bulanan.
  3. Biaya perjalanan internasional dan lokal.
  4. Biaya lain yang diperlukan untuk mendukung studi.

Deadline

  • 3 Maret 2020, untuk awal studi September 2020.

Syarat pendaftar

  1. Warga Negara Indonesia, berdomisili di Indonesia dibuktikan dengan fotokopi KTP atau paspor.
  2. Pendidikan minimal S1/D4 dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik (IPK minimal 3.00), dibuktikan dengan transkrip dan ijazah yang dilegalisir dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum di dalamnya.
  3. Telah diterima di salah satu program master yang diselenggarakan di Belanda oleh institusi pendidikan tinggi Belanda, dibuktikan dengan Surat Penerimaan (letter of acceptance/ admission letter) dari universitas di Belanda yang mencantumkan dengan jelas nama program studi, tanggal awal dan akhir program studi yang dipilih serta total biaya perkuliahan.
  4. Diutamakan bagi pelamar dengan pengalaman kerja yang relevan (minimal 3-4 tahun), terutama mereka yang mempunyai kualitas kepemimpinan dan potensi kewirausahaan.
  5. Bagi karyawan harus mendapatkan persetujuan dari institusi dibuktikan dengan pernyataan resmi pimpinan institusi di atas materai yang menyatakan bahwa staf tersebut diizinkan untuk studi di Belanda. Pernyataan ini dituliskan di formulir pendaftaran StuNed.
  6. Tidak diperuntukkan bagi pelamar dari perusahaan multinational dan NGO internasional.
  7. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik, dibuktikan dengan hasil Internet Based Test (IBT) TOEFL dengan skor minimal 90, atau IELTS minimal 6.5. Masa berlaku hasil tes TOEFL/IELTS maksimal 2 tahun terhitung sejak tanggal tes.
  8. Pelamar yang menyelesaikan studi di negara yang berbahasa Inggris atau lulus dari program internasional dibebaskan dari nilai TOEFL atau IELTS, selama lulus maksimum 2 tahun sebelum batas akhir pendaftaran beasiswa StuNed.
  9. Pernyataan kesediaan mengikuti dan menyelesaikan seluruh perkuliahan selama menerima beasiswa yang dituliskan di formulir StuNed.
  10. Berusia maksimal 40 tahun pada saat 31 Desember 2020.
  11. Tidak sedang menempuh atau sudah memiliki gelar S2 dari dalam maupun luar negeri.

Baca juga: Beasiswa Penuh S2, Kuliah dan Dibayar untuk Keliling Eropa

Pilihan program studi

StuNed terbuka untuk semua program studi internasional yang diselenggarakan di Belanda oleh institusi pendidikan tinggi Belanda. StuNed tidak berlaku untuk joint-program antar universitas, parti time study, maupun distance learning.

Tahapan Seleksi

  • Administrative assesment: Maret – pertengahan April 2020.
  • Competitive and excellence-based assessment: pertengahan April 2020.
  • Hasil akhir: Mei 2020.

Hanya peserta yang lulus seleksi tahap pertama dapat melanjutkan tahap seleksi kedua.

Pendaftaran beasiswa

Info dan pendaftaran dapat dilakukan melalui website stuned.nesoindonesia.or.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com