Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Kuliah Jurusan Teknik Informatika, Ini 7 Prospek Kariernya

Kompas.com - 26/01/2020, 15:02 WIB
Albertus Adit,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perkembangan dunia digital mendorong masyarakat untuk mengikuti arus tersebut. Tak heran jika di dunia pendidikan, program studi (prodi) Teknik Informatika makin naik daun.

Peluang karier jurusan kuliah Teknik Informatika masih terbuka lebar dan cukup menjanjikan. Apalagi sekarang semua sudah terhubung dengan komputer dan internet.

Buat kamu yang saat ini masih siswa kelas XII SMA/SMK dan nanti ingin kuliah di prodi Teknik Informatika, maka tidak ada salahnya mengetahui informasi dan  prospek karier lulusan prodi ini dirangkum dari Rencanamu.id.

Baca juga: Prospek Karier Lulusan Jurusan Kuliah Ekonomi Pembangunan

1. Admin data base

Ketika lulus dari Prodi Teknik Informatika, kamu bisa menjadi seorang admin database. Tugasnya ialah mengurusi perawatan dan pengembangan database atau basis data.

Sehingga, data-data yang ada pada sebuah instansi atau perusahaan dapat dirancang dan dirawat dengan baik, teratur dan mudah untuk diakses.

Tugas lainnya yaitu mengatur hak akses setiap pengguna. Jadi, bisa dikatakan tanggungjawab admin database cukup besar. Karena harus menjaga data dari pencurian pihak tak bertanggungjawab.

2. Analis sistem komputer

Seorang lulusan Teknik Informatika bisa menggeluti profesi sebagai analis sistem komputer. Tugasnya menganalisa sistem yang akan digunakan suatu perusahaan.

Nantinya, seorang analis sistem komputer akan memeriksa sistem atau model bisnis dalam suatu proyek. Disitu, tugasnya menganalisa kebutuhan sistem itu, melakukan pengembangan produk dan mengimplementasikan atau mengatur juga mengujinya.

Jika kamu tertarik terjun di bidang ini maka kamu harus menguasai ilmu komputer dan elektronik, matematika, bahasa Inggris serta punya ketelitian yang tinggi.

3. Growth Hacker

Istilah ini berarti peretas pertumbuhan. Orang-orang ini ahli dalam memakai teknik SEO, pemasaran konten, analisis situs dan melakukan testing.

Baca juga: Prospek Karier Jurusan Kuliah Ilmu Komunikasi

Dalam dunia internet marketing, seorang Growth Hackers sangat dibutuhkan. Sebab, tanpa adanya mereka website sebuah perusahaan startup tidak akan dikenal luas.

Orang ini juga harus bisa menemukan strategi bagus dan efektif untuk pemasaran bisnis startup. Contohnya dengan pemasaran lewat media massa, atau media sosial yang banyak followers.

4. Programmer

Di era digital ini, programmer akan paling banyak dicari di industri kerja. Karena orang ini harus mampu membuat berbagai program komputer, aplikasi, dan website.

Paling penting, seorang programmer harus menguasai bahasa pemrograman. Sebab, tanpa mengusai bahasa pemrograman maka orang itu tidak akan pernah bisa membuat sebuat program yang berguna bagi banyak orang.

5. Konsultan IT

Tugas konsultan IT ialah menerapkan teknologi informasi dalam bisnis serta memberi saran atau konsultasi pada klien untuk mencapai suatu tujuan atau target tertentu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com