Membangun Semangat Persaudaraan dalam Peringatan Imlek

Kompas.com - 26/01/2020, 20:24 WIB
Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Dharmayana Untar menggelar acara Metta Day XXV (21/1/2020) menyalurkan pengobatan gratis untuk 3.656 warga, bantuan perlengkapan sekolah untuk lebih dari 1.986 siswa-siswi SD, dan bantuan ke 10 vihara. DOK. UNTARUnit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Dharmayana Untar menggelar acara Metta Day XXV (21/1/2020) menyalurkan pengobatan gratis untuk 3.656 warga, bantuan perlengkapan sekolah untuk lebih dari 1.986 siswa-siswi SD, dan bantuan ke 10 vihara.

KOMPAS.com - Dalam semangat Tahun Baru Imlek, mahasiswa Untar (Universitas Tarumanagara) dari berbagai unit kegiatan mahasiswa menggelar pelayanan kepada masyarakat (PKM) mengusung tema besar "Untar untuk Indonesia: Berbagi untuk Kemakmuran Bersama."

Rektor Untar Prof. Agustinus Purna Irawan menyatakan Untar memfasilitasi dan mendorong dosen serta mahasiswa berkarya melaksanakan kegiatan PKM sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Kegiatan PKM sangat penting sebagai bagian kontribusi Perguruan Tinggi untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan sekaligus sebagai wahana bagi dosen dan mahasiswa untuk mengimplementasikan Iptek dan kompetensi pada kehidupan nyata di masyarakat," tuturnya.

Baca juga: Potret Toleransi di Jember, 8 Agama Ikut Hadir dalam Perayaan Imlek

Metta Day

Salah satunya, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Dharmayana menyelenggarakan acara Metta Day XXV dengan melakukan pengobatan gratis di tujuh desa di Provinsi Lampung, yakni Dusun Girimulyo, Dusun Kadus, Desa Margorejo, Desa Tri Rahayu, Desa Lumbirejo, Desa Sidomulyo, dan Dusun Trikora.

Acara yang berlangsung hingga 21 Januari 2020 ini telah menyalurkan pengobatan gratis untuk 3.656 warga, bantuan perlengkapan sekolah untuk lebih dari 1.986 siswa-siswi SD, dan bantuan ke 10 vihara.

Metta Day yang diperingati sebagian umat Budha pada tanggal 1 Januari adalah tradisi perayaan sebagai pengingat untuk selalu menumbuhkan kualitas cinta kasih kepada semua orang dengan harapan menumbuhkan kualitas cinta kasih terhadap seluruh makhluk hidup.

BEM "Satu Hati Berbagi"

Selain Dharmayana, mahasiswa Untar yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) mengadakan acara Live-In bertema "Satu Hati untuk Berbagi" di Desa Sukamekar, Cianjur, Jawa Barat, pada Jumat (17/1/2020) dan berakhir Senin (20/1/2020).

Kegiatan yang bertujuan membantu warga yang kekurangan, diisi dengan bakti sosial berupa pengobatan gratis, mengajar di sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pembagian sembako, serta kerja bakti membersihkan lingkungan.

Selama acara berlangsung, mahasiswa tinggal di rumah-rumah warga setempat untuk turut membantu keseharian mereka, sekaligus merasakan kehidupan di desa tersebut.

Layanan kesehatan

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Dharmayana Untar menggelar acara Metta Day XXV (21/1/2020) menyalurkan pengobatan gratis untuk 3.656 warga, bantuan perlengkapan sekolah untuk lebih dari 1.986 siswa-siswi SD, dan bantuan ke 10 vihara.DOK. UNTAR Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Dharmayana Untar menggelar acara Metta Day XXV (21/1/2020) menyalurkan pengobatan gratis untuk 3.656 warga, bantuan perlengkapan sekolah untuk lebih dari 1.986 siswa-siswi SD, dan bantuan ke 10 vihara.

Pada ranah fakultas, UKM I Care about U (ICU) Fakultas Kedokteran (FK) Untar mengadakan kegiatan pelayanan kesehatan Grand I Care (GIC) ke-9 yang bertema "Improving Health with Care and Heart (IMPACT)" di Desa Gubugan Cibereum, Kecamatan Curugbitung, dan Desa Pasir Tanjung Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Kegiatan ini berlangsung mulai Senin (13/1/2020) dan berakhir pada Jumat (17/1/2020).

Kegiatan tahunan ini berbentuk bakti sosial menyediakan pelayanan kesehatan berupa pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan di sekolah-sekolah, pemeriksaan kesehatan warga setempat, dan home visit atau kunjungan kesehatan ke rumah warga yang sudah tidak mampu berjalan jauh.

"Kepedulian dan kolaborasi yang didukung para donatur dan sponsor dapat menghasilkan kegiatan-kegiatan PKM yang luar biasa manfaatnya bagi kemanusiaan. Mari kita terus melayani masyarakat dalam berbagai bidang yang dibutuhkan" ujar Prof. Agustinus.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X