INFOGRAFIK: Sebelum Tentukan Pilihan, Lihat Dulu 10 Prodi Saintek dan Soshum Peminat Terbanyak SBMPTN

Kompas.com - 28/01/2020, 11:30 WIB
Info Grafik Prodi Paling Banyak Peminat di SBMPTN DOK. KOMPAS.com/FAHJIE PRASETYOInfo Grafik Prodi Paling Banyak Peminat di SBMPTN

KOMPAS.com - Mengetahui peta persaingan dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) bisa menjadi salah satu strategi agar lulus dan diterima dalam program studi (prodi) pilihan.

Sebagai gambaran, SBMPTN 2019 melibatkan 85 peguruan tinggi negeri di Indonesia dengan total daya tampung sebanyak 181.645 kursi.

Pihak LTMPT telah melakukan pemeringkatan terhadap 10 prodi bidang Sain dan Teknologi (Saintek) dan Sosial Humaniora (Soshum) dengan peminat serta peserta terbanyak berdasarkan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 (9/7/2019).

Dari 714.652 peserta yang mendaftar SBMPTN 2019, jumlah dinyatakan lulus seleksi pada 85 perguruan tinggi negeri ( PTN) se-Indonesia sebanyak 168.742 peserta atau sekitar 23,61 persen dari jumlah pendaftar.

Baca juga: PTN Paling Sulit Ditembus di SBMPTN, Intip Skor UTBK dan Keketatannya

Sebelum menentukan pilihan prodi dalam SBMPTN 2020, tidak ada salahnya mengintip peta persaingan prodi Saintek dan Soshum di SBMPTN 2019 melalui simak daftar info grafik berikut:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fahjie Prasetyo 10 Prodi Soshum dan Saintek dengan peminat terbanyak di SBMPTN 2019
(Penulis: Fahjie Prasetyo)



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.