Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tasya Kamila Berbagi Kiat Hadapi UN hingga SBMPTN

Kompas.com - 29/01/2020, 18:42 WIB
Ayunda Pininta Kasih,
Yohanes Enggar Harususilo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Awal tahun bisa menjadi waktu tersibuk siswa kelas 9 dan 12, sebab sebentar lagi para siswa akan menjalani serangkaian ujian. Mulai dari ujian nasional (UN), ujian tulis berbasis komputer (UTBK), dan segala jenis latihan sebagai langkah persiapan.

UTBK sendiri akan menjadi ukuran lolos atau tidaknya siswa ke jurusan di PTN pilihan melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Sedangkan UN akan menjadi penentu apakah siswa kelas 9 bila masuk jalur prestasi sehingga "bebas" menentukan SMA sederajat favorit.

Menurut LTMPT, jumlah peserta yang mengikuti SBMPTN 2019 mencapai 714.652 siswa. Namun, dari jumlah tersebut hanya 168.742 peserta yang ditanyakan lolos.

Kasubdit Peserta Didik Direktorat Pembelajaran SMA Kemendikbud Juandanilsyah menjelaskan, persaingan masuk ke perguruan tinggi memang terbilang ketat. Pasalnya, jumlah lembaga pendidikan semakin ke atas akan semakin mengerucut.

Baca juga: Jelang SBMPTN, Quipper Siapkan Fitur Khusus Bersama Guru Super

"Jumlah SMA itu ada 13.600, sedangkan perguruan tinggi hanya berapa ratus, itu pun sudah termasuk dengan swasta," tutur Juandanilsyah dalam diskusi "Siap Berjuang Hadapi SBMPTN bersama Quipper" yang berlangsung di Kuningan, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Itu sebabnya, Juandanilsyah melanjutkan, persiapan matang mesti dilakukan agar siswa bisa mendapatkan nilai yang diharapkan.

Bicara soal persiapan ujian, dalam acara yang sama mantan artis cilik Tasya Kamila berbagi cerita seputar pengalamannya saat menghadapi UN dan masuk ke PTN, termasuk sejumlah kiat untuk hadapi UTBK SBMPTN.

1. Mengikuti try out

Menurut Tasya, berlatih soal-soal seperti dalam sesi try out adalah salah satu cara efektif untuk mempersiapkan ujian. Sebab, latihan soal dapat membuat siswa mengetahui materi apa saja yang menjadi kelemahannya.

Dengan mengetahui materi-materi yang dianggap sulit, maka siswa bisa mulai mempelajari materi tersebut lebih dalam.

"Banyak-banyak latihan soal, jadi tahu bisa mengukur kemampuan diri kita, bisa tahu seberapa cepat kita menyelesaikan satu pertanyaan dan juga materi apa yang belum dikuasai," kata Tasya.

2. Satu per satu

Saat mempelajari materi yang dianggap sulit, Tasya yang kini menjadi super teacher di platform edukasi Quipper menyarankan, pelajari materi satu per satu agar fokus.

"Karena biasanya saat kita mencari tentang satu materi, enggak sengaja lihat materi lain yang juga enggak kita ngerti. Terus malah jadi belajar materi lain dan menjadi enggak fokus," katanya.

Itulah membuat sesi belajar menjadi lebih lama tetapi tidak jelas apa yang dipelajari.

3. Rencana belajar

Agar semua materi bisa fokus dipelajari, yang Tasya lakukan selanjutnya ialah membuat agenda belajar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com