5 Jurusan Saintek dengan Prospek Karier di Perusahaan Minyak dan Gas

Kompas.com - 30/01/2020, 08:35 WIB
Para pekerja di industri hulu migas sedang melaksanakan pekerjaannya di lapangan. SHUTTER STOCKPara pekerja di industri hulu migas sedang melaksanakan pekerjaannya di lapangan.

KOMPAS.com – Sebagai salah satu negara dengan sumber daya alam minyak dan gas bumi, berkarier di perusahaan minyak dan gas bumi (migas) masih dianggap cukup menjanjikan bagi sejumlah orang.

Bila kamu adalah salah satu yang memiliki mimpi bekerja di perusahaan migas, beberapa jurusan kuliah bisa kamu pertimbangkan karena lulusannya cukup dibutuhkan di perusahaan-perusahaan pertambangan.

Terlebih untuk lulusan yang memiliki kemampuan untuk menjadi “tenaga ahli” yang akan langsung terjun ke site (lapangan) untuk mengelola pertambangan hingga sumber daya alam, prospek karier di perusahaan migas ataupun batu bara bisa lebih besar.

Baca juga: 5 Kesalahan Ini Buat Mahasiswa Sulit Dapat Pekerjaan

Berikut sejumlah jurusan dengan prospek karier di perusahaan migas maupun pertambangan lainnya, melansir Rencanamu.id.

1. Teknik Perminyakan

Di jurusan kuliah Teknik Perminyakan, mahasiswa mempelajari banyak hal terkait dengan teknik di industri perminyakan seperti geologi migas, teknik gas bumi, teknik panas bumi, peningkatan perolehan minyak, petrofisika dan banyak ilmu lain yang berhubungan dengan pertambangan minyak.

Termasuk mempelajari fisika dan kimia yang digunakan untuk memperhitungkan segala hal yang berkaitan dengan penambangan minyak dan juga perhitungan unsur-unsur minyak. Karena inilah, lulusan jurusan teknik minyak menjadi salah satu yang dicari oleh perusahaan migas.

2. Teknik Mesin

Perusahaan migas juga membutuhkan Jurusan Teknik Mesin untuk memelihara mesin perusahaan yang berikatan dengan pertambangan minyak, proses produksi dan lainnya.

Bila kuliah di jurusan Teknik Mesin, kamu akan mempelajari tentang prinsip-prinsip fisika yang kemudian diimplementasikan pada analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan mesin. Sehingga, kamu juga perlu memperdalam kemampuan pada beberapa cabang ilmu teknik mesin, seperti mekanika, kinematika, teknik material, dan termodinamika.

3. Teknik Industri

Selain Jurusan Tenik Perminyakan, Jurusan Teknik Industri memiliki prospek karier yang cukup besar di perusahaan migas.

Di jurusan Teknik Industri, mahasiswa mempelajari bagaimana sistem manufaktur dapat meningkatkan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem produksi. Termasuk bagaimana mengolah minyak mentah menjadi menjadi minyak berkualitas yang berdaya guna.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X