Kompas.com - 31/01/2020, 12:24 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Pendaftaran SNMPTN akan berlangsung tak lama lagi, yakni pada 11 - 25 Februari 2020. Sedangkan pendaftaran untuk SBMPTN berlangsung pada 2 - 13 Juni 2020.

Untuk bisa mendaftar, tentu kamu harus memenuhi persyaratan peserta seleksi SNMPTN maupun SBMPTN, termasuk memenuhi kriteria calon mahasiswa baru 2020.

Melaui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No 6 Tahun 2020, ada sejumlah persyaratan peserta seleksi dan calon mahasiswa yang akan mendaftar ke perguruan tinggi negeri (PTN) di tahun 2020.

Baca juga: Tidak Hanya Ikut Ujian, Ini 3 Syarat Kelulusan di Permendikbud Baru

Berikut aturan Permendikbud No 6 Tahun 2020:

Syarat peserta SNMPTN

Dalam pasal 14, ada sejumlah kriteria yang harus dipenuhi oleh peserta SNMPTN 2020. Peserta yang berhak mengikuti SNMPTN, adalah:

1. Siswa tahun terakhir pada pendidikan menengah yang akan lulus pada tahun berjalan.

2. Memiliki prestasi akademik dan/atau portofolio baik dan konsisten.

3. Masuk kuota peringkat terbaik di sekolah yang ditentukan berdasarkan akreditasi sekolah.

4. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

Syarat peserta SBMPTN

Dalam pasal 15, dijelaskan tentang sejumlah kriteria yang harus dipenuhi oleh peserta yang akan mengikuti SBMPTN 2020. Peserta berhak mengikuti SBMPTN bila memenuhi persyaratan:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Rilis
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X