Ini Kegiatan Belajar di Luar Kampus Paling Menarik Pilihan Nadiem

Kompas.com - 31/01/2020, 17:07 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJOMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim.

KOMPAS.com - Proyek desa menjadi kegiatan yang paling menarik diantara delapan contoh kegiatan di luar kampus dalam kebijakan Kampus Merdeka.

Hal itu dikatakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim dalam Forum Perguruan Tinggi untuk Desa “Kampus Merdeka Untuk Desa” di Jakarta, Kamis (30/1/2020).

“Dari semua jenis laut terbuka yang paling menarik buat saya adalah proyek desa. Kenapa? Karena proyek desa adalah, bayangkan desa itu seperti dunia mikro dari semua permasalahan di negeri kita. Bener ga? Hampir semua jenis permasalahan itu ada skala kecilnya di dalam suatu desa,” ujar Nadiem.

Menurutnya, mahasiswa yang melakukan kegiatan proyek untuk desa akan membantu memecahkan masalah-masalah kecil yang ada di desa.

Baca juga: Kampus Merdeka, 8 Kegiatan Mahasiswa Luar Kampus yang Bisa Jadi SKS

Ia menyebutkan, masalah-masalah berskala kecil di desa sebenarnya adalah skala besar di tingkat nasional.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Jadi jangan lupa solusi-solusi terbaik yang pernah diketemukan di tingkat nasional bermulai dari solusi kecil,” katanya.

Nadiem menyebutkan medan latihan terbaik untuk membangun lulusan-lulusan dan calon pemimpin masa depan yang bisa memecahkan masalah-masalah terumit di masa depan adalah desa.

Ia beralasan penyelesaian masalah-masalah berskala kecil akan langsung berdampak kepada pengembangan desa.

“Karena saya Mendikbud, saya harus melihat dampak (kegiatan) ke mahasiswa,” tambah Nadiem.

Adapun laut terbuka yang Nadiem katakan merujuk kepada kegiatan belajar mahasiswa di luar kampus yang dapat dipilih mahasiswa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.