Merdeka Belajar, Siapkah Guru dan Sekolah Menjalankannya?

Kompas.com - 02/02/2020, 14:31 WIB
Salah satu praktik baik Merdeka Belajar di salah satu SDN Kendal, Jawa Tengah DOK. TANOTO FOUNDATIONSalah satu praktik baik Merdeka Belajar di salah satu SDN Kendal, Jawa Tengah

Oleh: Diannita Ayu Kurniasih, S.Pd

KOMPAS.com - Salah satu kebijakan Medeka Belajar Mendikbud Nadiem Makarim adalah pelaksanaan ujian yang diselenggarakan di sekolah.

Tahun ini ujian nasional (UN) tetap dilaksanakan sebelum diganti dengan asesmen kompetensi minimum dan survei karakter yang berlaku mulai tahun 2021. UN akan dilaksanakan pada jenjang SMP/sederajat dan SMA/SMK/sederajat.

Bagaimana dengan SD?

Dalam konferensi pers digelar Ketua BSNP (21/1/2020), ditegaskan ujian di tingkat SD direncanakan dan dilaksanakan masing-masing sekolah.

Bukan tanpa dasar, hal tersebut sesuai dengan Permendikbud Nomor 43 tahun 2019 mengenai pelaksanaan ujian. Ketua BSNP menyatakan bahwa setiap sekolah harus bersiap untuk menyiapkan kelengkapan ujian.

Ujian yang adil

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan ujian di sekolah dasar tidak hanya berupa ujian tulis. Sekolah dapat juga mengintegrasikan dengan penilaian portofolio, penugasan, atau bentuk asesmen yang lain.

Hal ini cukup dianggap adil bagi peserta didik karena keberhasilan mereka tidak hanya ditentukan oleh pelaksanaan ujian tulis.

Variasi bentuk ujian juga mengacu pada keterampilan yang diharapkan dari peserta didik yaitu keterampilan berpikir kritis, kreatif, berkomunikasi, serta berkolaborasi sebagai bekal kecakapan hidup.

Lihat saja, keberhasilan seorang Albert Einstein dan Thomas Alfa Edison bukan berdasar nilai ujian tulis mereka di sekolah.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X