Kompas.com - 02/02/2020, 20:04 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Pendaftaran kuliah di perguruan tinggi saat ini sudah dekat. Tahapan SNMPTN sudah dimulai dan SBMPTN pun juga telah menunggu.

Selain langsung kuliah, kamu juga punya pilihan untuk tak langsung kuliah selepas lulus sekolah. Kondisi tak langsung kuliah setelah lulus sekolah lazim dikenal dengan istilah Gap Year.

Baca juga: Tak Lolos SBMPTN? Coba Ambil Gap Year!

Memilih untuk tak langsung kuliah ada pun ada keuntungannya. Biasanya penyebab Gap Year seperti galau memilih program studi dan kampus.

Berikut manfaat dari memilih Gap Year seperti dikutip dari Rencanamu.id.

1. Masa untuk mendewasakan diri

Saat Gap Year, kamu bisa mengambil waktu untuk mendewasakan diri. Pada masa itu, kamu akan belajar untuk meninggalkan rumah dan belajar hidup mandiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kamu tak hanya sekedar bisa melakukan aktivitas yang kalian inginkan, melainkan membekali diri dengan kemampuan dan keterampilan yang tak didapatkan di bangku sekolah.

2. Mengenal diri lebih dalam

Selama Gap Year, kamu bisa mengenali dirimu sendiri. Kamu bisa menentukan kegiatan yang kalian inginkan dan minati.

Kamu juga bisa melakukan kegiatan di luar rutinitas bahkan di luar zona nyamanmu. Dari seluruh kegiatan yang dijalani selama masa "cuti kuliah", kamu bisa menentukan minat dan bakatmu yang nantinya memudahkan untuk memilih program studi dan kampus pilihanmu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.