Memberikan wawasan, menumbuhkan harapan, tanpa gangguan iklan.
Berani coba? Dapatkan Gratis

3 Kerugian Gap Year, Bisa Bikin Malas dan Keluarin Banyak Uang

Kompas.com - 02/02/2020, 20:49 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Selain langsung kuliah, kamu juga punya pilihan untuk tak langsung kuliah selepas lulus sekolah. Kondisi tak langsung kuliah setelah lulus sekolah lazim dikenal dengan istilah Gap Year.

Memilih untuk tak langsung kuliah ada pun ada keuntungannya seperti membantu mengenali diri sendiri, menambah wawasan, melatih kemandirian, dan lainnya.

Baca juga: Tak Lolos SBMPTN? Coba Ambil Gap Year!

Namun, selain keuntungan ada juga kerugian saat memilih Gap Year. Memang setiap pilihan itu pasti ada keuntungan dan kerugian tergantung bagaimana kalian meminimalisasi efek negatif.

Berikut kerugian dari memilih Gap Year seperti dikutip dari Rencanamu.id.

1. Tak siap belajar secara formal

Setelah melewati masa Gap Year, biasanya kamu akan mengalami ketidaksiapan secara formal. Ya, karena biasanya kamu mendapatkan pengetahuan dan pengalaman secara informal selama masa Gap Year.

Setelah kamu melakukan banyak hal yang kamu sukai, mungkin saja otakmu sudah malas untuk mengingat pelajaran Biologi, Matematika, dan lainnya. Nah, ikut bimbingan belajar bisa jadi salah satu pilihan untuk melatih belajar secara formal.

2. Mengeluarkan banyak biaya

Saat menjalani Gap Year, tentunya kamu akan banyak mengeluarkan biaya untuk melakukan hal-hal favoritmu seperti liburan, pelatihan, maupun les. Hal tersebut akan berdampak buruk bila kamu masih meminta uang dari orangtua dan tak bekerja.

Baca juga: 4 Manfaat Gap Year, Salah Satunya Belajar Mandiri dari Orangtua

Kalau pun kalian magang, tak semua perusahaan mendapatkan gaji. Bila mendapatkan gaji, biasanya pun tak besar.

Jadi jika kamu memilih Gap Year, pastikan kamu sudah siap untuk secara finansial.

3. Stigma negatif Gap Year

Gap Year sendiri di Indonesia masih ada yang memandang negatif. Biasanya, salah satu ukuran kesuksesan adalah capaian tingkat akademis.

Padahal, pengetahuan sendiri bisa didapatkan di banyak tempat dan kesempatan. Jadi, bisa saja mengambil Gap Year dan kalian mendapatkan stigma malas lantaran tak langsung kuliah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com