Tahun 2020, IPB Buka Program Studi Statistika dan Sains Data

Kompas.com - 02/02/2020, 21:06 WIB
Ilustrasi PEXELS.comIlustrasi

KOMPAS.com - Institut Pertanian Bogor (IPB) University akan membuka program studi (prodi) Statistika dan Sains Data di tahun 2020. Pembukaan prodi tersebut merespon kebutuhan industri dan masyarakat.

"Pembukaan program studi ini sangat penting sebagai bentuk antisipasi IPB University terhadap perkembangan ilmu saat ini dan ke depan," ujar Rektor IPB University, Prof Dr Arif Satria dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Menurut Prof. Arif, dunia industri, bisnis dan riset di berbagai bidang sekarang sangat membutuhkan dukungan Big Data dan Sains Data.

Baca juga: Ini 4 Pola Kerja yang Dilakukan “Data Scientist” di Perusahaan Fintech

Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University, Dr Sri Nurdiati mengatakan persiapan untuk mengembangkan program studi Statistika dan Sains Data sudah dilakukan sejak lebih dari satu tahun terakhir dan saat ini telah disetujui Senat Akademik.

IPB University membuka peminatan sains data pada program studi Statistika dan Sains Data untuk program Sarjana, Magister dan Doktor.

IPB University akan mulai menerima mahasiswa baru di program studi Statistika dan Sains Data semua strata mulai tahun 2020 ini.

Sorotan dunia

Data besar (Big Data) dan Sains Data (Data Science) telah menjadi perhatian ahli statistika dunia akhir-akhir ini.

Dunia industri, bisnis dan ilmu pengetahuan sangat memerlukan ilmu ini untuk melakukan analisis data maupun prediksi-prediksi untuk perkembangan bisnis, industri maupun bidang-bidang lain di masa depan.

Baca juga: Mulai Banyak Dilirik, 4 Kampus Ini Buka Prodi Kekinian “Big Data”

Oleh karena itu tidak mengherankan bila berbagai perguruan tinggi di dunia seperti Stanford, University of Houston, Yale, Monash dan Eidenburgh misalnya telah memiliki program studi Statistika dan Data Science.

Dalam sebuah laporan, Linkedin juga menyebutkan pekerjaan yang berhubungan dengan data yakni Data Scientist juga menjadi pekerjaan baru yang muncul dan akan terus berkembang di tahun 2020.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X