Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Ampuh Hilangkan Malas setelah Libur Akhir Pekan

Kompas.com - 02/02/2020, 21:34 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Setelah berlibur akhir pekan, saatnya kembali ke rutinitas dan tanggung jawab sehari-hari.

Kamu harus mulai sekolah, kuliah, bahkan bekerja. Hal ini tidak jarang menimbulkan perasaanmu tidak menyenangkan, dan membuat kita menjadi malas dan merasa terbebani dalam melakukan aktivitas tersebut.

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Rasa Malas Usai Libur Panjang, Menurut Sains

Suasana tak menyenangkan itu biasa dikenal dengan istilah Post Vacation Blues.

Post Vacation Blues merupakan bagian dari fase emosional yang umum dirasakan seseorang setelah menjalani masa liburan panjang dan memisahkannya dari rutinitas harian.

Gejala post vacation blues ini meliputi stres, nostalgia, kelelahan, sedih, hingga penurunan nafsu makan. Hal ini ditimbulkan dari kontradiksi masa liburan dan aktivitas harian

Joanna Gutral, psikolog dari SWPS University of Social Sciences and Humanities membagikan tips yang bisa kamu coba yang ingin belajar mengatasi Post Vacation Blues.

1. Menerima dan bersiap mengalami stres

Mengalami Post vacation blues adalah hal yang normal. Cara terbaik untuk mengatasi Post Vacation Blues adalah belajar menyadari bahwa kesedihan dan kebahagiaan adalah bagian yang pasti dilalui dalam hidup.

2. Berikan jeda waktu yang cukup

Kamu bisa memberikan jeda waktu untuk pulang satu atau dua hari sebelum masa liburan berakhir.

Dengan begitu, kamu akan memiliki waktu untuk beristirahat dan beradaptasi. Waktu ini juga dapat digunakan untuk mengatur jadwal harian kamu agar tidak terlalu kaget saat kembali sekolah, kuliah, atau bekerja.

3. Siapkan waktu stirahat yang cukup

Setelah liburan ke tempat yang jauh dan ditempuh dengan waktu yang lama akan membuat kamu tak bisa beristirahat dan tidur dengan pulas. Apalagi jika kamu pergi dengan si kecil.

Sesampainya di rumah, segeralah bereskan barang-barang sehingga kamu dapat menggunakan sisa waktu untuk beristirahat dengan tenang dan tidak merasakan kelelahan di hari berikutnya.

4. Kembali menjalani aktivitas rutin secara perlahan

Setelah liburan, kamu punya email, pesan di handphone yang belum terbaca, hingga tugas kuliah yang belum diselesaikan. Mengingatnya mungkin akan membuat kamu merasa cemas dan malas.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa membuka pesan atau mengerjakan tugas secara bersamaan. Kamu bisa membuat membuat prioritas kerja, lalu persiapkan langkah apa saja yang perlu dilakukan.

Dengan belajar membuat perencanaan kerja secara bertahap ini akan membantu kamu untuk mengendalikan hidup dan membuat kembali bersemangat

5. Rencanakan liburan selanjutnya

Menurut riset, seseorang merasa paling bahagia dan bersemangat saat fase perencanaan dan persiapan liburan. Oleh karena itu, cara efektif untuk mengatasi perasaan negatif akibat Post Vacation Blues adalah kembali merencanakan liburan.

Kamu bisa memilih tempat liburan yang tak jauh dan memakan waktu lama. Hal ini juga dapat menurunkan tingkat kejenuhanmu dalam menjalani rutinitas mingguan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com