3 Jurus Jitu Hadapi SKD CPNS 2019 Langsung dari Lulusan

Kompas.com - 03/02/2020, 13:31 WIB
Peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk kebutuhan di Kota Semarang. KOMPAS.com/RISKA FARASONALIAPeserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk kebutuhan di Kota Semarang.

KOMPAS.com - Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) tahun anggaran 2019 sudah memasuki tahap Seleksi Kompetensi Dasar ( SKD) yang dimulai sejak 27 Januari 2020 dan akan berlangsung hingga Februari 2020.

Tahun ini, sebanyak 3.364.867 peserta lolos seleksi administrasi dan siap bersaing memperebutkan 150.315 formasi CPNS.

Berdasarkan data BKN, Kementerian Hukum dan HAM mendapat peserta terbanyak, yakni 406.236 untuk merebutkan 4.598 formasi. Instansi pusat dengan jumlah peserta terbanyak kedua adalah Kementerian Agama, yaitu 176.331 peserta dengan jumlah formasi 5.815.

Dalam tahap SKD, peserta harus melewati tahap seleksi yang menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). 

Baca juga: Perhatikan, Berikut Peringatan BKN soal Tes SKD CPNS

Melalui akun resmi Instagram, KemenpanRB memberikan beberapa tips penting bagi peserta tahap SKD CPNS 2019 yang dihimpun dari beberapa lulusan CPNS di berbagai instansi:

1. Aktif mencari informasi

Salah satu kunci agar lulus dalam SKD adalah aktif dalam mencari informasi dari berbagai sumber. 

Maersk R Gumay, peserta CPNS 2018 yang kini bertugas di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyampaikan, "Peserta juga harus aktif mencari informasi di website atau media sosial instansi yang dilamar dan bergabung di grup Whatsapp."

Ia menjelaskan hal ini akan membantu peserta untuk memperoleh beragam informasi penting terkait tes SKD CPNS seperti jadwal tes, passing grade, keperluan yang dibutuhkan saat tes, dan lain sebagainya.

2. Persiapan mental

Selain mencari informasi yang akurat dari sumber yang terpercaya, menyiapkan mental adalah tips penting yang tidak boleh diabaikan.

"Persiapan mental yang mantap dapat menjaga fokus dan konsentrasi pelamar dalam mengerjakan soal SKD, ujar Yeski Kelsederi, CPNS tahun 2018 yang kini bekerja di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X