Kompas.com - 05/02/2020, 20:01 WIB
Rektor Universitas Pertamina, Prof. Akhmaloka. KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJORektor Universitas Pertamina, Prof. Akhmaloka.

KOMPAS.com - Rektor Universitas Pertamina, Prof. Akhmaloka, Ph.d mengatakan kolaborasi adalah kunci sukses perguruan tinggi untuk mencapai tujuan-tujuan besar. Hal itu disampaikan Prof. Akhmaloka dalam pidato Dies Natalis Universitas Ke-4 di Gedung Wanita Patra, Jakarta, Selasa (4/2/2020).

"Perguruan tinggi tidak dapat bekerja sendiri. Dibutuhkan sinergi yang baik antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dan pemerintah," kata Prof. Akhmaloka.

Menurutnya, perguruan tinggi tak mungkin menanggung sendiri dana untuk riset atau penelitian dengan segala keterbatasannya. Untuk itu, lanjut Prof. Akhmaloka, dibutuhkan kerja kolaboratif antara industri dan perguruan tinggi.

Baca juga: Tingkatkan SDM di Bidang Migas, Universitas Pertamina Kerja Sama dengan Politeknik

"Di satu sisi, industri menyediakan program dan anggaran, di sisi lain, perguruan tinggi menyediakan SDM untuk melakukan riset dan menghasilkan inovasi," ujarnya.

Prof. Akhmaloka menyebutkan pemerintah harus berperan dalam aspek kelembagaan kerjasama dan insentif bagi perguruan tinggi dan industri. Peran tersebut diperlukan untuk mendorong kerjasama dalam kegiatan riset dan pengembangan secara kolaboratif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada para mitra baik dari sektor pendidikan, industri, LSM, dan pemerintah baik dalam negeri maupun luar negeri yang memberikan kepercayaan kepada Universitas Pertamina untuk melaksanakan kegiatan kerja sama," ujarnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X