Perpustakaan di Jakarta yang Keren dan Nyaman untuk Belajar

Kompas.com - 09/02/2020, 16:45 WIB
Koleksi dan interior Perpustakaan Erasmus Huis, Jakarta TwitterKoleksi dan interior Perpustakaan Erasmus Huis, Jakarta

KOMPAS.com - Siapa bilang perpustakaan identik dengan bau buku dan suasana kaku. Justru, sejumlah perpustakaan di Ibu Kota dan sekitarnya menyuguhkan ruang belajar yang nyaman dengan fasilitas AC, koneksi internet, hingga sofa-sofa empuk.

Tak heran bila kini banyak pelajar dan mahasiswa yang berkunjung untuk belajar, terutama saat harus belajar kelompok dan membutuhkan banyak referensi buku.

Perpustakaan ini juga dikunjungi cukup banyak orangtua yang ingin mengenalkan budaya baca kepada anak sejak usia dini. Dengan begitu, anak-anak di generasi selanjutnya akan menganggap perpustakaan sebagai tempat yang nyaman untuk menimba ilmu.

Baca juga: Meningkatkan Budaya Literasi di Era Sistem Digital

Melansir laman Gramedia, berikut sejumlah perpustakaan di kawasan Jakarta dan sekitarnya yang bisa dikunjungi bersama teman maupun keluarga.

Perpustakaan Kemendikbud

Perpustakaan Kemendikbud memiliki lebih dari dari 200 ribu koleksi dalam berbagai bentuk (buku, buku digital, audiovisual, majalah, koran, jurnal, jurnal elektronik).

Kamu dapat dengan mudah mencari buku melalui Senayan Library Management System (SLiMS). SLiMS adalah sistem automasi perpustakaan sumber terbuka (open source) berbasis web yang pertama kali dikembangkan dan digunakan oleh Perpustakaan Kemendikbud.

Tak hanya ruang baca, Perpustakaan Kemendikbud yang terdiri dari dua lantai dengan total luas lahan 1.500 meter persegi ini mempunyai fasilitas ruang kelas, ruang diskusi, ruang serba guna, ruang koleksi anak, ruang audio visual, teater mini, hingga akses internet gratis.

Baca juga: Menurut Mendikbud, Budaya Baca Indonesia Tertinggal Empat Tahun

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Setelah direnovasi sekitar 2 tahun lamanya, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat kembali diresmikan pada September 2017 oleh Presiden Jokowi, dari bangunan 3 lantai menjadi 27 lantai.

"Dulu, ini hanya tiga lantai, enggak ada yang mau datang ke sini. Sekarang 27 lantai plus satu lantai basement. Jadi enggak kaget kalau gedung ini tertinggi di dunia untuk gedung perpustakaan," ujar Jokowi saat meresmikan gedung Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (14/9/2017).

Setiap lantai di Perpustakaan Nasional RI mencerminkan koleksi buku tersebut. Misalnya pada lantai 14 terdapat koleksi buku langka, kemudian lantai 21-24 terdapat koleksi buku umum.

Ruang Layanan Anak di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta.Kompas.com/Silvita Agmasari Ruang Layanan Anak di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Gramedia
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X