Pintaria Super30, Kompetisi dan Pelatihan untuk Kerja di Bidang IT

Kompas.com - 10/02/2020, 19:59 WIB
Peluncuran Pintaria Super30, di 71Block, Jakarta, Senin (10/2/2020). Dok. KOMPAS.com/AYUNDA PININTA KASIHPeluncuran Pintaria Super30, di 71Block, Jakarta, Senin (10/2/2020).

KOMPAS.com - Semakin majunya teknologi dan lahirnya era Revolusi Industri 4.0, Indonesia diperkirakan membutuhkan sekitar 17 juta anak muda untuk menjadi tenaga IT profesional pada 2030.

Namun, kini hanya 35 persen pelajar Indonesia yang bisa melanjutkan pendidikan tinggi. Sekitar 7 persen lulusan sarjana pun "terpaksa" menganggur karena tak memiliki kemampuan (skill) sesuai dengan kebutuhan industri di era teknologi.

Memahami semakin diperlukannya kemampuan digital, portal edukasi Pintaria membuka kesempatan beasiswa untuk anak muda Indonesia yang tertarik untuk berkarier di bidang IT.

Syarat pendaftarannya pun terbilang mudah, peserta yang ikut harus sudah lulus SMA/sederajat atau lulus perguruan tinggi namun belum mendapatkan kerja.

Lulusan bekerja di perusahaan mitra

Beasiswa Pintaria Super30 akan memberikan pelatihan kursus Full Stack Developer pagi peserta terpilih selama enam bulan.

Baca juga: Pilihan Jurusan untuk Profesi Bidang Data Science Bergaji Dua Digit

Usai pelatihan, lulusan dari program ini akan mendapat kesempatan direkrut oleh perusahaan mitra beasiswa seperti BFI Finance, Getplus by GDP Venture, HarukaEDU, Binus, dan masih banyak lainnya.

"Pintaria Super30 merupakan ajang pencarian 60 orang yang siap berkomitmen belajar intensif Full Stack Developer selama enam bulan. Di akhir periode, hanya 30 orang terbaik yang lulus dari program," ujar CEO HarukaEDU Novistiar Rustandi dalam peluncuran Pintaria Super30, di 71Block, Jakarta, Senin (10/2/2020).

Lebih lanjut Novis menjelaskan, "peserta yang lulus dari program akan disalurkan untuk bekerja di perusahaan-perusahaan mitra kami."

HarukaEDU sendiri merupakan startup edutech yang berada di balik Pintaria. Menjadi salah satu perusahaan yang nantinya akan merekrut lulusan Pintaria Super30.

Kompetisi dan pelatihan berbasis online

Hal yang menarik dari program beasiswa Pintaria Super30 ialah sistem pendaftaran, seleksi, hingga pelatihan yang dilakukan secara online.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X