Belum Ada Kebijakan Peningkatan Kualitas Guru dan Kurikulum, Ini Alasan Nadiem

Kompas.com - 12/02/2020, 19:56 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim beserta jajaran pejabat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam acara Bincang Sore di Kemendikbud, Jakarta, Selasa (12/2/2020). KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJOMenteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim beserta jajaran pejabat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam acara Bincang Sore di Kemendikbud, Jakarta, Selasa (12/2/2020).

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) belum bisa mengeluarkan kebijakan terkait peningkatan kualitas guru dan kurikulum pendidikan dalam waktu 100 hari kerja. Pengkajian secara matang dibutuhkan untuk menghasilkan kebijakan peningkatan kualitas guru dan kurikulum yang maksimal.

“Kenapa saya belum menyentuh (peningkatan kualitas guru dan kurikulum)? Karena ini tidak bisa dilakukan selama 100 hari. Kami sudah mulai pemikiran ini dari sejak hari nol tapi kita harus benar-benar matang (persiapan),” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim dalam Bincang Sore Bersama Kemendikbud di Kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu (12/2/2020).

Menurutnya, Kemendikbud saat ini masih memperbaiki ekosistem pendidikan agar lebih merdeka. Ia mengakui perubahan sumber daya manusia adalah hal yang terpenting untuk perubahan di dunia pendidikan.

“Bahwa sebenarnya perubahan terbesar harus di perubahan sumber daya manusia bukan malah prasarana. SDM, itu yang terpenting. Makanya saya belum menyebut apapun dua bidang yang terpenting,” jelas Nadiem.

Baca juga: 6 Fakta Seputar Perubahan USBN 2020 Merdeka Belajar

Menurut Nadiem, perubahan di dunia pendidikan tak akan berubah tanpa peningkatan kualitas guru. Namun Kemendikbud, lanjutnya, ingin menyehatkan ekosistem dunia pendidikan sebelum meningkatkan kualitas SDM.

“Arenanya dulu disehatkan diberikan fleksibilitas, baru kita masukan SDM baik di dalam arena yang sehat. (Kalau) dimasukkan SDM baik ke dalam arena yang gak sehat ketarik lagi ke bawah. ya kan? Kasian,” tambahnya.

Kemendikbud sejauh ini sudah mengeluarkan tiga kebijakan terkait dunia pendidikan yaitu Merdeka Belajar, Kampus Merdeka, dan perubahan pengelolaan dan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Nadiem menyebutkan kebijakan terkait peningkatan guru dan kurikulum akan dikeluarkan selanjutnya dengan waktu yang belum ditentukan.

“Itu mungkin episode berapa lah tapi mohon waktu mohon kesabaran karena itu tidak bisa buru-buru,” ujar Nadiem.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X