Pendaftaran KIP Kuliah untuk SNMPTN, Simak Informasinya...

Kompas.com - 21/02/2020, 16:24 WIB
Sejumlah siswa menunjukan Kartu Indonesia Pintar (KIP) beserta buku rekening tabungan BRI dalam sosialisasi dan percepatan pencairan dana Program Indonesia Pintar (PIP) di SMP Negeri 4, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (2/8).  Kemendikbud melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama menggelar sosialisasi sekaligus percepatan pencairan dana PIP secara serentak di berbagai kabupaten atau kota di seluruh Indonesia, agar siswa dari keluarga tidak mampu dapat menggunakan manfaat PIP untuk keperluan sekolah secepatnya. ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya/aww/17. ANTARA FOTO/Yulius Satria WijayaSejumlah siswa menunjukan Kartu Indonesia Pintar (KIP) beserta buku rekening tabungan BRI dalam sosialisasi dan percepatan pencairan dana Program Indonesia Pintar (PIP) di SMP Negeri 4, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (2/8). Kemendikbud melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama menggelar sosialisasi sekaligus percepatan pencairan dana PIP secara serentak di berbagai kabupaten atau kota di seluruh Indonesia, agar siswa dari keluarga tidak mampu dapat menggunakan manfaat PIP untuk keperluan sekolah secepatnya. ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya/aww/17.

KOMPAS.com - Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikti), Nizam mengatakan calon mahasiswa yang belum memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) Sekolah dan ingin mendapatkan dukungan KIP Kuliah agar tetap mendaftarkan diri ke tahapan SNMPTN.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sendiri memberikan kesempatan untuk calon mahasiswa yang belum memiliki KIP Sekolah untuk melakukan finalisasi sampai dengan akhir Maret 2020.

"Pokoknya semua yang mau daftar SNMPTN silahkan segera mendaftar sampai 27 Februari. Meski belum punya KIP K (Kuliah), silahkan daftar dulu," kata Nizam saat dihubungi Kompas.com.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, LTMPT mengimbau calon mahasiswa yang sudah memiliki KIP Sekolah di SMA, SMK, MA/Sederajat melakukan pendaftaran SNMPTN 2020, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, yakni 14 Februari 2020 (pukul 14.00 WIB) sampai 27 Februari 2020 (pukul 23.59 WIB).

Baca juga: Peserta SNMPTN dan SBMPTN Bisa Mendaftar KIP Kuliah, Ini Syaratnya

Sementara, LTMPT meminta calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang belum memiliki KIP Sekolah tetap melakukan Pendaftaran SNMPTN 2020, sesuai dengan jadwal yang ditetapkan, yakni 14 Februari 2020 (pukul 14.00 WIB) sampai 27 Februari 2020 (pukul 23.59 WIB) sampai mengisi pilihan Prodi dan PTN.

Pihak LTMPT memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang belum memiliki KIP Sekolah untuk melakukan finalisasi sampai dengan akhir Maret 2020.

Setelah masa pendaftaran KIP Kuliah berakhir, LTMPT akan melakukan sinkronisasi data antara data pendaftar SNMPTN di LTMPT dengan data penerima KIP Kuliah untuk keperluan seleksi. Pendaftaran dianggap sah bila sudah dilakukan finalisasi. Siswa yang tidak memfinalisasi dianggap belum/tidak mendaftar SNMPTN.

Adapun jadwal pendaftaran KIP Kuliah sesuai informasi LTMPT, yakni awal Maret sampai 31 Maret 2020.

Baca juga: Catat! Ini Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah Calon Mahasiswa Baru, SNMPTN 2020 Bisa?

Data yang diperlukan untuk pendaftaran KIP Kuliah sama dengan persyaratan mendapatkan Bidikmisi, yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan alamat e-mail. Setelah diverifikasi oleh sistem, calon akan menerima nomor pendaftaran dan kode akses untuk mendaftar ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Dalam hal calon mahasiswa berasal dari keluarga tidak mampu tetapi belum memiliki KIP atau orang tua/wali mahasiswa belum terdaftar sebagai penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), masih mungkin menerima KIP Kuliah selama lolos seleksi dan verifikasi kondisi ekonomi oleh perguruan tinggi terkait.

Seperti diketahui, masa pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sedang berlangsung. Jadwal yang dikeluarkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT), pendaftaran SNMPTN 2020 dilaksanakan pada 14-27 Februari 2020.

Proses seleksi akan dilangsungkan pada 28 Februari-3 April 2020. Pengumuman hasil SNMPTN direncanakan pada 4 April 2020.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X