Jelang Penutupan, SNMPTN 2020 Diperpanjang Khusus Pendaftar KIP Kuliah

Kompas.com - 24/02/2020, 19:25 WIB
Ilustrasi penutupan pendaftaran SNMPTN 2020 DOK. LTMPTIlustrasi penutupan pendaftaran SNMPTN 2020

KOMPAS.com - Awalnya, pendaftaran SNMPTN 2020 akan ditutup 27 Februari 2020 pukul 23.50 WIB. Namun khusus calon mahasiswa keluarga tidak mampu yang membutuhkan KIP Kuliah, akan diberikan perpanjangan waktu.

Perpanjangan waktu SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi) akan diberikan mengikuti waktu pendaftaran KIP Kuliah, yaitu mulai tanggal 2 sampai 31 Maret 2020.

Hal ini disampaikan Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Prof.Mohammad Nasih melalui rilis resmi Kemendikbud (24/2/2020).

Prof. Nasih menjelaskan bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang sama sekali belum memiliki KIP tetap dapat melakukan pendaftaran SNMPTN hingga pengisian program studi dan pilihan universitas.

Namun, diharapkan tidak melakukan finalisasi terlebih dulu sebelum mendaftar pada laman KIP Kuliah.

Baca juga: Perhatikan, Siswa Tidak Mampu Bisa Daftar Sekaligus SNMPTN dan KIP Kuliah

Jangan finalisasi sebelum daftar KIP Kuliah

"Pendaftaran KIP Kuliah dimulai awal Maret mendatang. Boleh saja sudah mulai mendaftar dan mengisi informasi-informasi yang perlu dicantumkan di pendaftaran SNMPTN, tetapi kami imbau untuk jangan finalisasi terlebih dulu," tegas Prof. Nasih

Ia melanjutkan, "Jika pendaftaran KIP Kuliah sudah rampung, baru pendaftaran SNMPTN dapat difinalisasi dan cetak kartu." 

Bagi calon mahasiswa tidak membutuhkan dukungan biaya pemerintah dan ingin mendaftar seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN, dapat melakukan pendaftaran hingga tanggal ditentukan 27 Februari 2020 dan langsung melakukan finalisasi.

Begitu juga bagi calon mahasiswa yang sudah memiliki KIP pada jenjang pendidikan sebelumnya.

Proses pendaftaran SNMPTN 2020 dapat dilakukan melalui laman http://portal.ltmpt.ac.id/.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X