INFOGRAFIK: Mengenal Perbedaan Pendidikan Akademik, Vokasi dan Profesi

Kompas.com - 26/02/2020, 14:29 WIB
Perbedaan Pendidikan Akademik, Vokasi dan Profesi DOK. KOMPAS.com/Fahjie PrasetyoPerbedaan Pendidikan Akademik, Vokasi dan Profesi

KOMPAS.com - Ada beberapa jenis pendidikan tinggi berlaku di Indonesia. Berdasarkan Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan tinggi di Indonesia diklasifikasikan dalam 3 jenis pendidikan, yaitu Pendidikan Akademik, Pendidikan Vokasi, dan Pendidikan Profesi/Ahli.

Ada pilihan universitas, politeknik dan sertifikasi kompetensi. Ada sarjana, sarjana terapan dan gelar khusus. Kalau Apa perbedaan antar ketiganya? 

Dirangkum dari laman Rencanamu.id, berikut penjelasan perbedaan dari tiga jenis pendidikan tinggi di Indonesia:

1. Pendidikan Akademik

Pendidikan Akademik merupakan sistem Pendidikan yang mengarah pada penguasaan dan pengembangan displin ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni tertentu.

Baca juga: INFO GRAFIK: 10 Universitas Dunia 2020

Saat kamu memilih Pendidikan Akademik, kamu akan lebih banyak mendapatkan teori dibanding praktik. Perbandingan teori dan praktiknya sekitar 60:40.

Nantinya, ketika kamu lulus dari Pendidikan akademik, kamu akan mendapatkan gelar sarjana yang diikuti oleh bidang keahlian yang kamu pilih.

Pendidikan Akademik mencakup program:

  • Pendidikan Sarjana (S1)
  • Magister/Master (S2)
  • Doktor (S3)

Jika kamu memilih bidang ekonomi, ketika kamu lulus dari kampusmu, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi (SE). Begitu juga jika kamu memilih bidang Hukum, Teknik, dan masih banyak lagi.

Fahjie Prasetyo Perbedaan Pendidikan Akademi, Vokasi dan Profesi

2. Pendidikan Vokasi

Pendidikan Vokasi adalah pendidikan mengacu kepada penguasaan keahlian terapan tertentu. Dengan demikian pendidikan terapan yang kamu dapatkan, kamu akan lebih banyak praktik dibandingkan teori.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X