Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penutupan Pendaftaran SNMPTN Hari Ini, Finalisasi Dulu atau Daftar KIP Dulu?

Kompas.com - 27/02/2020, 09:39 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Hari ini merupakan hari terakhir untuk melakukan finalisasi pendaftaran SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) yang akan ditutup 27 Februari 2020 pukul 23.59 WIB.

Ketua LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) Prof. Mohammad Nasih mengimbau agar para calon mahasiswa jalur SNMPTN 2020 untuk segera melakukan finalisasi.

Dalam pertemuan dengan media (26/2/2020), Prof. Nasih menyampaikan sudah terdata 561.512 siswa telah mendaftarkan diri melalui akun LTMPT. "Sebanyak 103 ribu siswa belum mendaftar SNMPTN dan 143 ribu lainnya belum melakukan finalisasi," ujar Prof. Nasih kepada media.

Baca juga: Ini Alur KIP Kuliah SNMPTN 2020, Tak Masalah Bila Terlanjur Finalisasi

Mendampingi Ketua LTMPT, Prof. Budi Prasetyo Ketua Pelaksana LTMPT juga mengingatkan agar para calon mahasiswa jalur SNMPTN untuk segera melakukan finalisasi data.

Menanggapi pertanyaan masih adanya kebingungan siswa terkait pendaftaran KIP Kuliah yang memberikan kesempatan peserta SNMPTN 2020 kurang mampu untuk mendaftar KIP Kuliah hingga akhir Maret 2020, pihak LTMPT memberikan penjelasan sebagai berikut:

1. Peserta non KIP Kuliah

Bagi peserta SNMPTN 2020 yang tidak bermaksud mengambil KIP Kuliah, pihak LTMPT menyarankan untuk tidak menunda waktu dan segera melakukan finalisasi.

"Bagi calon mahasiswa yang tidak membutuhkan dukungan biaya dari pemerintah dan ingin mendaftar seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur SNMPTN, dapat melakukan pendaftaran hingga tanggal yang ditentukan (27 Februari 2020) dan langsung melakukan finalisasi," jelas Prof. Nasih.

Ia menambahkan, dengan mendaftar lebih awal ada keuntungan yang akan diperoleh peserta.

"Kami akan langsung memberikan data pendaftar SNMPTN kepada pihak PTN. Tentunya waktunya akan lebih panjang untuk mendapatkan review dan penilaian dari pihak PTN," ujarnya.

2. Peserta pendaftar KIP Kuliah

Sedangkan bagi peserta yang membutuhkan bantuan pembiayaan melalui KIP Kuliah, peserta dapat melakukan dua pilihan.

Pilihan pertama, peserta dapat tetap melakukan pendaftaran sampai pengisian pilihan PTN dan prodi untuk kemudian mendaftar KIP kuliah di bulan Maret 2020. Setelah selesai mendaftar KIP Kuliah, peserta baru menyelesaikan finalisasi SNMPTN KIP Kuliah yang akan ditutup 31 Maret 2020.

Pilihan kedua, peserta dapat menyelesaikan pendaftaran SNMPTN 2020 hingga finalisasi baru kemudian mendaftar KIP Kuliah di bulan Maret.

"Tidak perlu kuatir, kami akan membantu untuk me-merger-kan data antara data SNMPTN dan data KIP kuliah secara host to host secara sistem," jelas Prof. Budi.

3. Peserta pemilik KIP Sekolah

Bila peserta SNMPTN sudah memiliki KIP Sekolah atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dapat langsung melakukan finalisasi pendaftaran SNMPTN 2020 yang akan ditutup hari ini pukul 23.59 WIB.

Baca juga: Finalisasi SNMPTN Pendaftar KIP Kuliah Hingga Maret, Ini Tahapannya

Prof. Budi menyampaikan pemilik KIP Sekolah dan KKS tidak perlu mendaftar lagi KIP Kuliah karena secara sistem akan otomatis melacak siswa yang bersangkutan saat mendaftar SNMPTN sehingga akan langsung terdata untuk memperoleh KIP Kuliah.

4. Terlanjur finalisasi tetapi ingin daftar KIP Kuliah

Lalu bagaimana bagi siswa yang terlanjur melakukan finalisasi namun ingin mendaftar KIP Kuliah?

Prof. Nasih menyampaikan siswa yang sudah melakukan finalisasi SNMPTN dan membutuhkan bantuan KIP Kuliah tidak ada kehilangan haknya.

"Tidak usah kuatir, mereka yang sudah terlanjur finalisasi tapi membutuhkan bantuan lewat KIP Kuliah tidak akan kehilangan haknya. Mereka bisa tetap mendafar KIP Kuliah yang akan dibuka 2 sampai 31 Maret 2020. Kami akan bantu nanti dalam sinkronisasi datanya," ujar Prof. Nasih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com