Disdik Depok Akan Berikan Sosialisasi Pencegahan Corona ke Sekolah

Kompas.com - 04/03/2020, 16:52 WIB
Suasana SD Mardi Yuana di Depok, Jawa Barat, Selasa (3/3/2020) berjalan seperti biasa pasca-diumumkan dua warga Depok terjangkit virus corona. Siswa-siswa terlihat antusias melaksanakan kegiatan belajar mengajar. KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJOSuasana SD Mardi Yuana di Depok, Jawa Barat, Selasa (3/3/2020) berjalan seperti biasa pasca-diumumkan dua warga Depok terjangkit virus corona. Siswa-siswa terlihat antusias melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

KOMPAS.com - Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Jawa Barat, Mohamad Thamrin mengatakan pihaknya akan memberikan sosialisasi seputar corona meliputi cara penularan hingga pencegahan penularan corona ke sekolah-sekolah di Kota Depok. Sosialisasi tersebut akan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Depok.

“Kami sudah ada kerja sama dengan Dinas Kesehatan gerakan Pola Hidup Bersih Sehat. Biasanya dari Dinas Kesehatan turun langsung ke sekolah-sekolah. Kami akan minta kembali sosialisasi tindakan preventif (penularan corona) dari Dinas Kesehatan,” kata Thamrin saat ditemui Kompas.com di Depok, Selasa kemarin.

Untuk tahap awal, lanjut Thamrin, pihak akan meminta Dinas Kesehatan Kota Depok untuk menyosialisasikan kembali gerakan Pola Hidup Bersih Sehat ke sekolah. Ia menuturkan selama ini Dinas Pendidikan Kota Depok telah menanamkan Pola Hidup Sehat di sekolah-sekolah.

“Insya Allah saya akan membuat surat agar Dinas Kesehatan memberikan sosialisasi pencegahan corona di sekolah,” tambah Thamrin.

Baca juga: Cegah Tertular Corona, Disdik Depok Minta Sekolah Terapkan Pola Hidup Bersih Sehat

Thamrin juga mengimbau sekolah-sekolah di Kota Depok terus menerapkan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) untuk mencegah penularan penyakit seperti corona.

Ia mengatakan para orangtua tak perlu panik dan khawatir secara berlebihan dalam menghadapi kasus corona yang terjadi di wilayah Depok.

"Sebenarnya, bukan hanya dunia pendidikan. Semua masyarakat harus waspada tapi jangan berlebihan. Gerakan pencegahan itu lebih baik daripada mengobati. Kami lakukan upaya ke sekolah-sekolah agar melakukan upaya PHBS, gerakan mencuci tangan," kata Thamrin.

Thamrin mengatakan, sekolah-sekolah di Depok sudah melakukan PHBS. Imbauan kepada orangtua siswa juga telah diberikan sebelum ada warga Depok yang terkena virus Corona.

"Orangtua sudah kami imbau berikan bekal untuk anak yang akan sekolah. Makanan dan minum sudah disiapkan dari rumah. Anak-anak bawa tempat makan sendiri. Itu sudah kami lakukan sebelum corona masuk di Kota Depok," ujar Thamrin.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X