Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tertarik Jadi Penyiar Berita? Ini 7 Jurusan yang Sesuai

Kompas.com - 06/03/2020, 17:20 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Jika kamu punya cita-cita ingin jadi seorang penyiar berita di televisi, maka sebaiknya pilih jurusan yang cocok/sesuai. Lantas jurusan apa yang cocok itu?

Menjadi penyiar berita atau news presenter sebenarnya tidak mensyaratkan latar belakang jurusan tertentu. Sebab, lulusan S1 dari jurusan apa saja punya kesempatan yang sama jadi presenter berita.

Meski semua jurusan bisa berkesempatan jadi presenter, tetapi ada beberapa program studi yang sangat nyambung dengan pekerjaan ini. Apa saja itu?

Baca juga: Prospek Karier Jurusan Kuliah Ilmu Komunikasi

Merangkum dari Rencanamu.id, ini jurusan yang sesuai dengan karier sebagai seorang penyiar berita:

1. Ilmu Komunikasi

Jurusan ini sudah dikenal luas oleh masyarakat. Sebab, mempelajari bagaimana mengkomunikasikan pesan dengan efektif secara tertulis maupun langsung atau lisan.

Tetapi, di jurusan ini juga membahas berbagai bentuk komunikasi termasuk komunikasi massa. Atau jika kamu ambil jurusan ini akan mempelajari media massa, media baru, public speaking hingga jurnalistik.

Tentu mata kuliah yang diambil akan banyak dibutuhkan pada saat kamu menjadi seorang penyiar berita. Jadi, kemampuanmu juga bakal diasah dengan baik dari jurusan ini.

2. Penyiaran (broadcasting)

Khusus untuk prodi ini tentu lebih mempelajari mengenai dunia siaran, baik televisi maupun radio. Untuk proses produksi acara televisi, serba-serbi program berita hingga teknik membawakan berita akan masuk pada materi perkuliahan.

Jadi, kamu akan lebih banyak mempelajari tentang dunia penyiaran. Jika kamu sudah bercita-cita jadi penyiar berita maka jurusan ini akan cocok buat kamu.

3. Jurnalistik

Jurusan ini lebih pada profesi seorang jurnalis. Sedangkan seorang penyiar berita juga merupakan seorang jurnalis televisi. Biasanya, sebelum menjadi penyiar berita, orang tersebut akan menjadi reporter di lapangan.

Pemahaman dan penguasaan ilmu jurnalistik dibutuhkan untuk menjadi pembawa acara. Atau pengetahuanmu selama di lapangan akan sangat berguna ketika kamu menjadi penyiar berita atau pembawa acara.

4. Ilmu Hukum

Jika kamu ambil jurusan Ilmu Hukum tentu akan banyak pengetahuan yang kamu dapat selama kuliah. Kamu akan paham mengenai situasi dan kondisi negara terutama yang bersinggungan dengan hukum.

5. Ilmu Politik

Untuk jurusan ini juga banyak bersinggungan dengan negara terutama situasi politik terkini. Di jurusan ini juga akan mempelajari mengenai media massa.

6. Hubungan Internasional

Dengan memiliki kemampuan bahas asing serta pengetahuan mengenai isu serta kebijakan internasional tentu menjadi modal untuk menjalani profesi sebagai penyiar berita.

7. Sastra

Untuk jurusan ini, seorang lulusan sastra akan memiliki kemampuan bahasa, baik berbicara maupun tertulis. Lulusan ini juga punya kemampuan soal budaya dan masyarakat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com