Kompas.com - 10/03/2020, 11:21 WIB
Universitas Airlangga Dok. UnairUniversitas Airlangga

KOMPAS.com - Dua bidang studi Unair berhasil masuk dalam pemeringkatan The Quacquarelli Symonds World University Ranking (QS WUR) by Subject tahun 2020.

Dua bidang studi yang berhasil masuk dalam pemeringkatan universitas dunia tersebut ialah Manajemen Bisnis dan Kedokteran.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Badan Pengembangan Perencanaan (BPP) UNAIR Prof. Badri Munir Sukoco Ph.D. Ia mengatakan, capaian Unair menjadi sebuah prestasi dari proses panjang yang telah dilakukan oleh seluruh civitas akademika.

"Bidang Manajemen Bisnis UNAIR masuk dalam 451-500 dunia dan Bidang Kedokteran masuk dalam posisi 551-600," papar Prof. Badri dalam laman resmi Unair News, Senin (9/3/2020).

Baca juga: Resep Hand Sanitizer Alkohol dan Daun Sirih ala Dosen Farmasi Unair

Prof. Badri yang juga merupakan Guru Besar FEB Unair juga menjelaskan, posisi yang dicapai Unair sangatlah membanggakan.

Pasalnya, di dunia ada lebih dari 38 ribu perguruan tinggi yang memiliki bidang ilmu manajemen bisnis. Sedangkan dalam bidang kedokteran, jumlahnya ada lebih banyak lagi.

Di Indonesia sendiri, sambung Prof. Badri, posisi kedua bidang ilmu tersebut masuk dalam posisi tiga terbaik nasional. Bidang Kedokteran berada di bawah UI dan UGM, sedang Bidang Manajemen Bisnis berada setelah UGM dan ITB.

"Untuk itu, posisi dua bidang ilmu yang berada dalam 500 besar dunia merupakan sebuah prestasi yang sangat membanggakan. Tahun-tahun sebelumnya belum ada bidang yang masuk dalam posisi 500 dunia" ujarnya.

Prof. Badri berharap bahwa ke depan akan lebih banyak lagi bidang ilmu di lingkungan Unair yang bisa menembus posisi 500 dunia.

Baca juga: Rektor UNAIR Sebut Sari Daun Sambiloto Bisa Cegah Virus Corona

"Tahun depan tentu akan ditingkatkan bidang-bidang yang lain. Karena ini menjadi modal besar UNAIR untuk menunjukkan kepada dunia dengan memiliki bidang ilmu yang berkualitas," pungkasnya.

Sejumlah universitas di Indonesia masuk dalam pemeringkatan

Pemeringkatan QS WUR diadakan untuk membantu masyarakat mengenali universitas terkemuka pada rumpun ilmu atau bidang ilmu tertentu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.